Mudik, Rumah Rawan Kebakaran [google]

Mudik, Rumah Rawan Kebakaran

PinkKorset.com, Jakarta – Saat meninggalkan rumah untuk mudik, waspada bahaya kebakaran akibat korsleting.

Kondisi rumah yang tanpa penghuni ini berpotensi menimbulkan masalah. Apalagi jika pemilik tidak mempersiapkan keamanan rumah dan bangunan dari beberapa insiden seperti arus pendek listrik (korsleting).

Faktanya, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta tahun lalu mencatat 52 kasus kebakaran di ibukota saat musim mudik Lebaran pada 9-17 Juli 2015. Penyebab utamanya adalah hubungan pendek arus listrik.

Salah satu yang menyediakan solusi masalah ini adalah Schneider Electric dengan inovasi terbaru Residual Current Circuit Breaker with Over Current Protection (RCBO), gabungan Mini Circuit Breaker (MCB) dan Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB).

Perangkat listrik tersebut diklai melindungi penghuni rumah dari bahaya hubungan pendek arus listrik atau beban lebih (overload), sekaligus ancaman sengatan listrik akibat arus bocor.

“Kami memiliki solusi lengkap untuk membantu masyarakat melindungi diri dari berbagai bahaya listrik,” kata VP Partner Retail Business Schneider Electric Indonesia Mateus Bernath, di Jakarta.

Saat tersengat, arus listrik mengalir ke tubuh menuju tanah. Dengan tahanan tubuh manusia rata-rata seribu Ohm, sengatan listrik tegangan 220V berarti tubuh dialiri arus sekitar 220mA. Aliran selama 0,2 detik saja bisa membahayakan nyawa.

listrik

MCB terkecil yang dipakai 2A dan ukurannya akan semakin besar mengikuti daya listrik di rumah. Sehingga saat terjadi arus yang melewati tubuh kita, secara teori MCB takkan bekerja (trip) karena arus tersebut dianggap beban.

Di sini ELCB berfungsi. Yakni melindungi aset dari kebakaran dan manusia dari bahaya sengatan listrik. ELCB mampu mendeteksi perbedaan arus secara cepat dan akan memutuskan rangkaian listrik sebelum terjadi kecelakaan fatal.

Namun begitu, ELCB tidak menjamin kita takkan tersengat listrik. Alat tersebut hanya akan memutuskan arus listrik secara cepat sebelum berdampak fatal pada manusia. Solusi dari Schneider adalah menggabungkan MCB dan ELCB menjadi RCBO.

“Selain lebih praktis, harga RCBO juga lebih murah ketimbang MCB ditambah ELCB. Bentuknya juga lebih tipis, sehingga menghemat ruang dalam boks MCB,” imbuh Mateus, menambahkan bahwa produknya juga telah berlabel SNI.

Ada baiknya tidak mengabaikan hal-hal yang terkesan sepele seperti tersedianya perangkat perlindungan dan pengaman arus listrik yang berkualitas di rumah. Terutama saat Anda meninggalkannya untuk waktu yang cukup lama.