Murahnya Batik Asli di Pasar Batik Rakyat

PinkKorset.com, Jakarta – Kain batik asli yang dibuat pengrajin batik biasanya mahal. Namun, Anda kini bisa mengoleksinya dengan harga terjangkau.

Pada ajang Pasar Batik Rakyat yang digelar pada 2-4 Oktober 2016 di Museum Nasional Jakarta ini, Anda bisa mendapatkan berbagai macam batik. Mulai dari batik klasik Jawa, Madura hingga batik Jakarta.

Misalkan saja batik cap Cirebon yang dijual seharga Rp100 ribu oleh booth Batik Enny.

Selain itu, ada pula batik tulis asal Madura yang memiliki ciri khas aneka warna. Berbeda dengan batik klasik yang kaya akan filosofi, motif batik Madura justru menuangkan keadaan lingkungan sekitar, termasuk pesisir.

Batik madura dijual oleh booth Batik Saya Batik Asli seharga Rp125 ribu – Rp250 ribu.

“Kita sengaja jualnya terjangkau, biar bisa dibeli semua orang,” tutur Istu, penjual Batik Saya Batik Asli kepada Pinkkorset, di Jakarta, Minggu (2/10/2016).

Sementara di booth Taufik Art Merry Songket, Anda bisa menemukan batik dari Pekalongan, Yogyakarta, hingga Jakarta. Harga batik dibandrol mulai Rp300 ribu sampai Rp1,5 juta untuk usia batik yang telah lama, yakni 50 tahun.

Tidak hanya Pasar Batik Rakyat, perayaan hari batik nasional 2016 juga menggelar Pameran Batik Indonesia Pusaka Dunia. Di dalamnya terdapat lebih dari 50 motif batik dari berbagai daerah serta edukasi bagi pengunjung batik.