Nama Baru Republik Ceko [ibt]

Nama Baru Republik Ceko

PinkKorset.com – Republik Ceko (Czech Republik) akhirnya mengumumkan kata baru sebagai alternatif untuk mempersingkat nama resmi negara yang berbau politik.

Dalam Bahasa Inggris, Republik Ceko kini bisa disebut Czechia yang dalam Bahasa Indonesia adalah ‘Cekia’. Negara ini menyampaikan pemberitahuan itu via PBB dan disertai versi Bahasa Prancis, Jerman, Rusia, Arab, dan Tiongkok.

Ini menandai berakhirnya keraguan mencari satu kata istilah Barat untuk bekas Cekoslowakia ini. Republik Ceko dan Slowakia berpisah dengan damai menjadi dua negara berbeda pada 1993.

Namun begitu, tak semua rakyatnya senang. Dalam sebuah jajak pendapat sebelum meresmikan nama Cekia, situs idnes.cz mencatat lebih dari 22 ribu warga Republik Ceko tak suka dan hanya tujuh ribu yang setuju.

Pemerintah Cekia tak memaksakan rakyatnya harus langsung mengganti nama ini. Mereka sadar, hal yang baru butuh mengakar secara alami sebelum semua orang mau menggunakannya.

“Dalam pertemuan internasional sekalipun, tak harus langsung digunakan,” kata Jubir Kementerian Luar Negeri Republik Ceko Michaela Lagronova.

Negara ekstotik berpenduduk 10,6 juta orang ini merupakan tanah bersejarah Bohemia, Moravia, dan sebagian Silesia. Sejumlah orang berargumen, nama asli seluruh wilayah mereka di jaman dulu adalah Bohemia.

Adapun Czechia diambil dari nama Latin yang digunakan negara ini pada teks-teks abad ke-17 dan 18.