Nama Ratu Elizabeth Abadi di Jalur Kereta [bbc]

Nama Ratu Elizabeth Abadi di Jalur Kereta

PinkKorset.com, London – Sebuah proyek jalur kereta api di London akan dinamakan ‘Elizabeth Line’ merujuk pada Ratu Elizabeth.

Wali Kota London Boris Johnson mengatakan, penamaan ini merupakan penghormatan untuk Sang Ratu yang sudah melayani masyarakat Inggris dengan periode terlama.

“Saya rasa akan sangat baik jika jalur penting transportasi di Ibu Kota ini menggunakan nama dari sosok yang sangat penting bagi negara kami,” ujarnya di stasiun Bond Street, Selasa (23/2/2016)

Dengan nilai proyek sebesar 15 miliar pounds atau Rp 393 triliun, jalur ini diperkirakan rampung pada Desember 2018.

Jalur kereta bawah tanah itu akan beroperasi sepanjang 42 km dan menghubungkan bagian timur hingga barat kota London.  Nantinya, jalur Elizabeth Line akan menghubungi Bandara Heathrow dengan pusat kota London dan wilayah Canary Wharf. Di jalur ini, sebanyak 24 kereta akan melintas per jamnya.

Pada kesempatan tersebut, Ratu Elizabeth yang kini berusia 89 tahun, juga mengunjungi stasiun-stasiun di jalur Elizabeth Line dan menemui para pekerja di sana.

Sebelumnya, Ratu Elizabeth pernah mendapat penghormatan serupa. Pada 1977, sebuah jalur kereta Jubilee Line didedikasikan untuk peringatan 25 tahun kekuasaannya. Ia adalah anggota kerajaan pertama yang melakukan perjalanan di bawah tanah London, saat ia membuka Victoria Line pada 1969.

ratu-elizabeth