Pakai Vacuum Cleaner yang Mana? [huffpost]

Pakai Vacuum Cleaner yang Mana?

PinkKorset.com, Jakarta – Meski memiliki fungsi yang sama, yakni menyedot debu, jenis vacuum cleaner cukup beragam.

Saat ini, kegiatan membersihkan rumah secara konvensional, yakni dengan menyapu, lap dan kemoceng, cenderung merepotkan. Belum lagi debu cenderung tidak tuntas, melainkan hanya berpindah tempat saja.

Vacuum cleaner atau mesin penyedot debu pun menjadi pilihan praktis. Apalagi ketika membersihkan debu yang menyelinap di serat karpet.  

Sebelum membeli vacuum cleaner, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal.

Sesuai tempat tinggal

Product Manager of Small Appliances  Electrolux Indonesia Marsha Tungka mengatakan, hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli mesin penyedot debu adalah sesuai dengan tempat tinggal Anda.

Untuk tipe rumah sedang hingga besar (>200 m2), lengkap dengan halaman, akan lebih cocok menggunakan vacuum celaner jenis wet & dry. Tipe ini memiliki tabung penampung kotoran yang besar dan dapat menyedot kotoran kering dan basah. Bahkan dapat berfungsi sebagai blower untuk membersihkan dedaunan di halaman rumah. Alat ini memiliki selang fleksibel, tongkat pipa dan nozzle.

Untuk rumah lebih kecil (<200 m2) dan jenis town house yang tidak memiliki halaman, dapat menggunakan canister. Memiliki perlengkapan sama dengan wet & dry, tipe ini berdaya tampung lebih kecil dan hanya dapat menyedot kotoran kering.

“Rumah berukuran besar memiliki permukaan luas sehingga membutuhkan penyedot debu multi fungsi dan berkapasitas besar,”katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Sementara untuk kondominium, apartemen, ruang lebih kecil atau hanya sebatas kamar tidur, dapat menggunakan penyedot debu tipe stick. Tipe ini lebih kompak sehingga tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Alat ini berbentuk seperti tongkat dengan motor (mesin), tangki penampung kotoran dan nozzle yang menyatu.

Ada pula penyedot debu berukuran lebih kompak dan kecil, yakni handheld. Alat ini memiliki kapasitas penampung kotoran paling kecil. umumnya hanya digunakan untuk membersihkan area tertentu saja.

Selaraskan dengan kegunaan

Selain mempertimbangkan tempat tinggal, Anda bisa membeli vacuum cleaner seusai kebutuhan Anda.

Bila Anda ingin membersihkan seluruh area rumah seperti di dalam dan luar ruangan sebaiknya memilih tipe wet & dry. Namun jika hanya ingin membersihkan seluruh sudut dalam ruangan cukup menggunakan tipe canister.

Selain sudah tersedia tongkat pipa dan selang fleksibel, kedua tipe mesin penyedot debu ini juga dilengkapi beragam nozzle untuk berbagai jenis permukaan yang akan dibersihkan (lantai, sofa, perabot, karpet, langit-langit).

Untuk sekadar membersihkan lantai maupun karpet saja dapat mengandalkan tipe stick. Jika Anda hanya ingin membersihkan bagian tertentu di rumah (karpet, sofa dan perabot) dan tidak terbiasa membersihkan lantai dengan mesin penyedot debu dapat memilih tipe handheld.

Perhatikan filter

Mesin penyedot debu yang bagus memiliki filter HEPA yang dapat menahan partikel terkecil hingga 0,3 mikron sehingga hampir 100% debu termasuk tungau terperangkap.

Daya listrik

Semakin besar daya sedot maka semakin besar motor memakan daya listrik. Anda perlu menyesuaikan dengan daya listrik di rumah sekaligus kebutuhan. Umumnya mesin penyedot debu tersedia dengan konsumsi 400 watt hingga lebih dari 1.000 watt. Bila rumah Anda besar dengan konsumsi listrik besar tidak ada salahnya menggunakan tipe wet & dry yang dapat melakukan beragam kebersihan.