Pangeran Harry Jalani Tes HIV [womansday]

Pangeran Harry Jalani Tes HIV

PinkKorset.com – Pangeran Harry baru saja menjalani tes Human Immunodeficiency Virus (HIV). Ada apa?

Adik Pangeran William ini mendatangi sebuah klinik kesehatan seksual di Burrell Street, pusat kota London. Ia pun merelakan jarinya ditusuk jarum dan sampel darahnya diambil untuk serangkaian tes.

pangeran-harry,-HIVAksi Harry yang disiarkan langsung lewat sosial media, Facebook tersebut adalah salah satu kontribusinya dalam meningkatkan kesadaran tentang HIV dan AIDS.

Data Public Health Inggris pada 2014 memperkirakan 18.100 orang di Inggris tidak menyadari mereka terinfeksi dan berisiko menularkannya kepada orang lain.

Prevalensi rata-rata HIV di Inggris bagi mereka yang berusia di atas 15 tahun adalah 1,9 per 1.000 penduduk. Namun untuk lelaki gay tingkatannya melompat menjadi 48,7 per 1.000 penduduk.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada akhir 2015, sekitar 36,7 juta orang di dunia hidup dengan HIV, dengan 17 juta orang diantaranya terus menggunakan terapi antiretroviral.

Harry yang menyelesaikan tes dengan hasil uji negatif untuk HIV, mendorong orang lain untuk berpartisipasi dalam tes tersebut, termasuk mereka yang berpeluang kecil terpapar HIV.

Apalagi proses tes HIV tersebut sangat sederhana. “Sungguh menakjubkan seberapa cepat tes itu berlangsung,” ujarnya, Kamis (14/7/2016).

Akun Twitter Kensington Palace mengatakan, Pangeran Harry telah mengambil tes dan menyiarkannya langsung, karena ia percaya generasinya perlu mengambil kepemimpinan dalam memerangi HIV atau risiko kehilangan orang-orang yang mereka cintai.

Disebutkan juga bahwa Harry akan berangkat ke Durban, Afrika Selatan, pekan depan, untuk menghadiri Konferensi Internasional AIDS ke-21 pada 18-22 Juli 2016.