Pascaoperasi, Perempuan Ini Ganti Aksen

PinkKorset.com – Setelah menjalani proses bedah di rumah sakit, perempuan asal Texas, Amerika Serikat (AS) ini terbangun dan berbicara dalam aksesn British. Kok bisa?

Lisa Alamia, dilaporkn sejumlah media AS, juga terkejut ketika sadar ia memiliki aksen baru setelah menjalani operasi rahang sekitar enam bulan lalu. Ada kemungkinan, terjadi kerusakan syaraf ketika ia menjalani operasi tersebut.

Pakar di Houston Methodist Sugar Land Hospital mengatakan, Lisa adalah satu dari sekitar 100 orang yang didiagnosa kelainan bicara aneh (odd speech disorder) selama seabad terakhir.

Suami Lisa, Richard, yang pertama memperhatikan keanehan itu. Menurut Richard, logatnya seperti British dengan sedikit campuran aksen Australia. “Apakah ini normal?” Richard bertanya pada dokter istrinya.

Si dokter meyakinkan, keanehan berbicara itu akan berlalu dalam hitungan hari. Namun sejak operasi pada Desember 2015 hingga berita ini diturunkan, Lisa masih berbicara dengan aksen baru tersebut.

“Saya pernah membaca tentang hal ini. Tak menyangka akan melihatnya sendiri,” lanjut Richard. Istrinya saat ini sedang mengikuti terapi bicara agar bisa menyesuaikan diri dengan suara barunya.

Lisa pun tampaknya mulai belajar menerimanya. Aksen baru itu, kata Lisa, tidak mengubah siapa dia biasanya. “Saya tetap orang yang sama seperti sebelum menjalani operasi,” katanya.