Pencarian MH370 Masih Berlanjut [ibtimes]

Pencarian MH370 Masih Berlanjut

PinkKorset.com – Dua tahun setelah menghilang tanpa jejak, pencarian pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 masih berlanjut. Apakah mereka mencari di tempat yang salah?

Penerbangan MH370 yang membawa 239 penumpang dan kru hilang pada Maret 2014 saat terbang dari Beijing, Tiongkok menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Pencarian yang dipimpin grup engineering Fugro telah menyisir area seluas Yunani selama dua tahun ini.

Mereka menyisir wilayah seluas 120 ribu km persegi di selatan Samudera Hindia dan pesisir Australia Barat. Tenggat waktu pencarian ini tinggal tiga bulan. Setelah itu, negara-negara yang terlibat seperti Malaysia, Tiongkok dan Australia akan bertemu.

Tiga negara ini sepakat pada April 2015, jika pesawat tak ditemukan di area pencarian itu serta tak ditemukan bukti-bukti kredibel, maka mereka tak bisa memperluasnya lagi. Hingga kini, Kamis (21/7/2016), mereka belum menemukan apa-apa.

“Jika tak ada di situ, berarti ada di lokasi lain,” kata Direktur Proyek Fugro, Paul Kennedy, kepada Reuters. Ia tak menyebut kemungkinan ekstrem yang membuat pesawat tak terlihat di zona tersebut. Kennedy masih berharap mereka bisa menemukannya.

Tim pencari menggunakan area yang ditandai berdasarkan citra satelit. Kennedy sebenarnya ingin menggunakan tenaga manusia agar bisa mencari lebih jauh ketimbang area mereka saat ini.

Keraguan mengenai salah lokasi pencarian ini menjadi tambahan teori yang berkembang. Seperti isu pembajakan atau pertanyaan apakah pesawat itu ada yang mengendalikan ketika jatuh. Itupun diasumsikan pesawat jatuh. Ada pula teori pesawat mendarat dan penumpang disandera.

Tragedi ini menjadi salah satu misteri terbesar industri penerbangan. Pihak pencari juga dikejar waktu karena mereka harus mengeluarkan dana ekstra guna mencari penerbangan MH370. Sejauh ini, tiga negara tersebut sudah menghabiskan sekitar US$137 juta.