Pentingnya Melindungi Tubuh dan Kulit [fashionspassion]

Pentingnya Melindungi Tubuh dan Kulit

PinkKorset.com, Jakarta – Kehidupan urban yang dinamis berarti seseorang beraktivitas dengan aktif. Tubuh dan kulit pun rentan terkena masalah.

Agar dapat beraktivitas, tubuh memerlukan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Namun, nutrisi dari makanan tidak cukup memenuhi kebutuhan aktivitas yang padat. Konsumsi buah dan sayur dari makanan hanya menyuplai 25% ke dalam tubuh.

Kurangnya nutrisi dapat membuat tubuh lelah saat dihadapkan dengan kegiatan yang panjang. Saat tubuh lelah, rentan terkena radikal bebas baik dari luar maupun dalam tubuh. Ditunjang stres tinggi, dapat memicu tubuh merangsang produksi energi lebih.

“Hal tersebut bisa menumbuhkan radikal bebas dan merusak organ yang menghasilkan energi,” tutur Senior Medical Manager Darya Varia, Dr. Michael Reo, dalam konferensi pers di Jakarta.

Kendati beristirahat, orang yang mengami stres akan pulih secara fisik namun merasa tetap lelah. Kondisi tersebut dinamakan fatigue. Tak hanya berdampak bagi tubuh, stres juga memberi efek samping terhadap kulit.

Produksi hormon kortisol yang meningkat dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak minyak. Produksi minyak berlebih pada kulit akan mengakibatkan gangguan seperti jerawat, gatal psoriasi dan masalah kulit lainnya.

Untuk mengatasi masalah lelah dan kulit maka dibutuhkan nutrisi lebih. Tubuh memerlukan asupan tambahan dari multivitamin yang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, zinc serta vitamin E sesuai kebutuhan.

Vitamin C membantu tubuh mengontrol seluruh organ agar tetap stabil dan memiliki daya tahan yang baik. Sedangkan vitamin B berfungsi dalam metabolisme, membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi.

Zinc berperan dalam pertahanan dan kekebalan tubuh, melindungi membran sel dari kerusakan akibat dampak radikal bebas yang disebabkan logam berat dalam tubuh dan signifikan mengatasi fatigue. Sementara vitamin E, berfungsi sebagai antioksidan untuk mengatasi berbagai masalah kulit.