Peran Besar Perempuan Terkait Kesehatan Jantung

PinkKorset.com, Jakarta – Kemampuan multiperan perempuan ternyata penting bagi kesehatan jantung. 

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2013 menunjukkan prevalensi penyakit jantung koroner di Indonesia mencapai 0,5% dan gagal jantung sebesar 0,13% dari total penduduk berusia 18 tahun keatas.

Meningkatnya kasus kematian akibat penyakit jantung, mendorong Yayasan Jantung Indonesia (YJI) untuk mengajak perempuan bergaya hidup sehat. Apalagi, penyakit ini masih jadi pembunuh nomor satu di Indonesia.

Dalam rangka hari jadinya yang ke-35, YJI menggelar kampanye ‘Go Red For Women’. Tujuannya mengajak perempuan agar lebih sadar serta mengedukasi bagaimana mencegah penyakit jantung.

Mengapa perempuan?

Perempuan disebut sebagai makhluk multiperan, sebagai ibu sekaligus sebagai pendidik anak, bahkan banyak juga sebagai perempuan karir. Mereka ini diharapkan menjadi ujung tombak dalam kelompok manusia terkecil yaitu keluarga, karena ibu bisa menentukan kesehatan keluarga.

“Perempuan harus merawat kesehatan jantung dan tubuh yang lain dengan baik sehingga dapat banyak berkontribusi dengan menyampaikan pesan-pesan gaya hidup sehat bagi keluarga,” tutur ketua umum Yayasan Jantung Indonesia, Syahlia Zuhal dalam perayaan 35 tahun Yayasan Jantung Indonesia di Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Pada kesempatan ini, YJI juga menggelar pameran busana pejabat tinggi Indonesia dari masa ke masa. Selain meluncurkan buku “Detak untuk Negeri” karya Riva Ati Hanifa. Lalu penjualan Pendant Healthy Heart yang terbuat dari emas putih dan ruby untuk mereka yang tergerak untuk mendukung kampanye YJI tentang gaya hidup sehat.