Perlukah Mandi Setiap Hari? [tipsmom]

Perlukah Mandi Setiap Hari?

PinkKorset.com – Benarkah mandi baik atau kesehatan kita? Siapa yang sebenarnya memperoleh manfaat mandi setiap hari?

Mandi terlalu sering, terutama dengan air panas, bisa membuat kulit lebih cepat kering dan mengalami iritasi. Belum lagi bakteri baik yang secara alami hidup di kulit akan tersingkir. Akibatnya, sedikit saja luka sudah menimbulkan risiko infeksi yang tinggi.

“Seberapa sering kita mandi dan apa yang dianggap sebagai bau badan hanyalah fenomena kultur,” kata dermatolog dari Mount Sinai Hospital di New York City, Dr. Joshua Zeichner yang menyatakan masyarakat modern terlalu sering mandi.

Ucapan Dr. Zeichner ini diamini Katherine Ashenburg yang menulis buku ‘The Dirt on Clean: An Unsanitized History’. Menurutnya, semakin modern masyarakat mereka akan semakin sering mandi. “Kita terlalu sering mandi,” katanya.

Baik Zeichner maupun Ashenburg merekomendasikan Anda mandi sekali setiap dua atau tiga hari. Mereka merekomendasikan membersihkan bagian pribadi seperti selangkangan atau ketiak dengan waslap dan sabun untuk menyingkirkan bakteri penyebab bau badan.

Sejarah di balik anjuran untuk sering mandi terjadi di Amerika pada 1920-an selepas Perang Sipil. Ketika itu, banyak petani dan buruh kasar mulai bekerja di pabrik. Artinya, mereka bekerja bersama dengan banyak orang lain.

Kondisi inilah yang menjadi perhatian besar, bahwa mereka harus bersih dengan cara mandi. Produsen sabun dan produk perawatan tubuh pun berlomba-lomba. Semakin sering orang mandi, semakin laris produk mereka.

Menurut asisten profesor di divisi dermatologi University of California San Diego School of Medicine Dr. Casey Carlos, hal tersulit adalah menbuat orang menggunakan sabun hanya di tempat-tempat yang memerlukannya.

“Sabun diciptakan untuk menyingkirkan minyak dari tubuh, sehingga membuat kulit kering. Orang tak sadar kulit sangat bisa membersihkan dirinya sendiri,” kata Dr. Carlos.

Ia menyarankan menyabuni area ketiak, selangkangan, kaki dan tempat-tempat yang berpotensi bau saja. Dada, punggung, kaki, dan lengan tak begitu memerlukannya jika memang tak kotor. Jangan mandi terlalu lama dan langsung gunakan pelembab.