Perpustakaan Keliling untuk Anak Maluku

PinkKorset.com, Jakarta – Sebuah perpustakaan keliling, Mobil Sahabat Anak, dihadirkan khusus bagi anak di Halmahera Utara.

Pada usia 10 tahun, anak-anak yang tinggal di kota-kota besar biasanya akrab dengan gadget dan membaca komik berbahasa inggris.

Namun ironisnya, di utara Maluku, tepatnya di Halmahera Utara, 40% anak-anak pada usia tersebut belum melek huruf.

“Mereka belum mampu membaca dan menulis, padahal sudah kelas 6 SD. Rata-rata baru bisa baca saat kelas 3-4 SD,” kata Donor Acquisition Manager Wahana Visi Indonesia, Beatrice Mertadiwangsa saat peluncuran Mobil Sahabat Anak di Jakarta, Kamis (3/3/2016).

Menurutnya, hal ini dipicu kondisi geografis, akses buku dan rendahnya tingkat kesejahteraan keluarga. “Buku-buku dan alat penunjang pendidikan sulit dijangkau. Kalau pun ada, harganya mahal dan hanya bisa didapat di ibu kota kabupaten, Tobelo,”ujarnya.

Sebagai bentuk kepedulian pendidikan, The Body Shop dan Wahana Visi Indonesia (WVI) meluncurkan perpustakaan keliling bernama Mobil Sahabat Anak khusus untuk anak-anak di wilayah Halmahera Utara, Maluku Utara .

Perpustakaan Keliling untuk Anak Maluku

Perpustakaan ini menyediakan bahan bacaan untuk balita sampai usia 18 tahun. Beberapa media pendidikan berupa buku pelajaran, buku cerita dan perangkat audio dan proyektor dapat digunakan anak-anak.

Fasilitas pendidikan ini akan menjangkau Kelompok Belajar Anak dampingan kantor wilayah WVI Halmahera Utara berjumlah 617 anak dan 3.195 anak di 33 desa layanan WVI.

Melalui fasilitas ini, anak-anak diharapkan mampu membaca, menambah wawasan sekaligus menyadarkan orang tua tentang pentingnya pendidikan pada anak. “Kebanyakan anak-anak disana hanya sekolah sampai SD saja. Orang tua justru memperkerjakan anak untuk membantu cari uang karena kondisi ekonomi,” ucapnya.

GM Corporate Communication The Body Shop Rika Anggraini menambahkan, kerjasama dengan WVI ini sudah yang keempat kalinya. Program peduli pendidikan ini telah menjangkau Halmahera Utara, Merauke dan Sambas. “Sebelumnya sudah memberikan dukungan pembangunan PAUD Ceria di Sambas dan perlengkapan sekolah untuj 420 anak di Merauke,” katanya.

Perpustakaan Keliling untuk Anak Maluku

WVI merupakan yayasan kemanusiaan Kristen yang bermitra dengan World Vision di Indonesia untuk membawa perubahan berkelanjutan pada kehidupan anak, keluarga dan masyarakat. Saat ini sudah melayani 48 wilayah di Indonesia dengan program sosial & pendidikan jangka panjang, 10-15 tahun tiap wilayah.