Pokemon Go Selamatkan Generasi Digital? [reporter.rit.edu]

Pokemon Go Selamatkan Generasi Digital?

PinkKorset.com – Berkat Pokemon Go, mereka tak lagi mengurung diri di dalam rumah dan menghindari cahaya matahari bak vampir. Game ini mau tak mau menuntut pemainnya untuk bergerak.

Game bergenre augmented reality ini membuat pemainnya bergerak karena mereka harus berjalan jauh. Genre ini menggunakan elemen dunia nyata dan menyinkronkannya ke permainan digital. Tentunya Anda membutuhkan setidaknya smartphone untuk bermain.

Pokemon Go memang bukan yang pertama. Ada beberapa lainnya yang menjadi tren dan hingga kini memiliki basis pengguna yang cukup besar seperti Ingress. Namun game yang belum sampai sepekan dilansir ini menjadi fenomena yang mendunia.

Pemainnya, disebut trainers, berbagi keasyikan bermain Pokemon Go di media sosial. Testimoni pribadi inilah yang membuat game tersebut makin booming. Banyak yang melaporkan kakinya pegal karena ‘tak sengaja’ berolah raga sambil main Pokemon Go.

Ada pula yang jadi mengenal areanya karena game ini menggunakan sejumlah tempat, khususnya gedung atau landmark ternama, sebagai perhentian. Generasi digital kini akhirnya bergerak dan melihat cahaya matahari. Selain itu, mereka mendapat teman-teman baru sesama trainers.

Sayangnya, game ini belum tersedia di Google Play atau App Store untuk pengguna di Indonesia. Anda harus mengunduhnya via mirror yang disediakan pengembangnya, Niantic, di tautan ini. Sebelum mengunduhnya, pastikan setting ‘download from third party apps’ di ponsel Anda sudah aktif.

Namun begitu, jika Anda maupun keluarga dan kawan bermain game ini, sebaiknya tetap waspada dan berhati-hati. Ada laporan di Amerika bahwa seseorang memanfaatkan game ini untuk memancing trainers ke sebuah tempat sepi tanpa ia sadari, kemudian merampoknya.

Game ini didesain untuk pejalan kaki. Namun ada saja yang menggunakan kendaraan, sehingga menimbulkan kecelakaan. Sudah banyak yang melaporkan hal ini. Peringatan pun muncul di mana-mana, agar tidak berkendara sambil main Pokemon Go.

Bahkan Kepolisian St. George Utah di AS mengeluarkan peringatan. Seperti, tidak masuk ke properti pribadi. Mewaspadai modus pancingan dari pihak tak dikenal yang berpotensi menjebak Anda. Tidak menggunakan Pokemon Go saat mengemudi. Serta mewaspadai sekeliling saat bermain.