Quokka, Si Imut dari Australia Barat

PinkKorset.com – Si lucu dan menggemaskan ini menjadi salah satu daya tarik wisata di wilayah Australia Barat.

Tahukah Anda, di Australia Barat ada satwa lucu yang cuma bisa Anda temui di kawasan ini? Satwa bernama quokka ini, memang penghuni asli beberapa wilayah Australia Barat seperti Pulau Rottnest, Pulau Bald dan sedikit di kawasan daratan.

Populasi quokka terbanyak berada di Pulau Rottnest, tak kurang dari 15 ribu quokka beranak pinak. Marsupial alias satwa berkantung ini sangat ramah. Bahkan, pengunjung Pulau Rottnest bisa mengajaknya foto bersama alias wefie!

Quokka pun selalu tampak tersenyum, sehingga pengunjung menjulukinya hewan paling bahagia sedunia. Mamalia kecil ini adalah herbivora yang hidup berkelompok dan memiliki pejantan pelindung yang dominan di setiap kelompoknya.

Mereka hidup di hamparan rerumputan yang tinggi di atas tanah dan dekat dengan sumber air. Satwa nokturnal alias aktif di malam hari ini sangat jago memanjat pohon.

Di daratan Australia Barat, quokka bisa berkembang biak sepanjang tahun. Namun di Pulau Rottnest, mereka hanya bisa berkembang antara Januari hingga Agustus dengan masa kehamilan hanya satu bulan.

Bayi quokka, disebut joey, akan tinggal di kantung induknya selama enam bulan. Induk quokka bisa melahirkan dua kali dalam setahun. Quokka mulai beranak saat usianya satu setengah tahun.

Usia quokka di alam liar bisa mencapai sepuluh tahun. Satwa khas Australia Barat ini dilindungi karena populasinya sedikit. IUCN Red List mengklasifikasikan status quokka masuk dalam kategori vulnerable alias rentan.

Pemerintah Australia Barat melindungi mamalia unik ini dengan peraturan hukum. Para pengunjung di Pulau Rottnest dilarang memberi makan dan membuang sampah sembarangan agar tidak dimakan quokka.