Rahasia Bahagia Ibu dan Ayah [mythichealth]

Rahasia Bahagia Ibu dan Ayah

PinkKorset.com, Jakarta – Sebagai orangtua, Anda tentu juga ingin bahagia. Caranya ternyata tidak sulit.

Menurut studi teranyar, orangtua akan lebih merasa bahagia bila bermain bersama buah hati mereka.

Ya. Hadirnya buah hati di dunia ini menjadi anugerah terindah bagi orangtua. Kendati orangtua mengemban tugas membesarkan anak tetapi bukan berarti tanggung jawab ini menjadi beban dan stres.

Anda sebagai orangtua justru dapat bahagia hanya dengan bermain dengan anak.

Studi Evaluasi Nestlé Lactogrow bertajuk Happy Date yang dilakukan sejak Februari 2016 di empat kota besar di Indonesia membuktikan, orangtua dan anak yang menghabiskan waktu dengan beraktivitas menyenangkan (happy date), mengalami peningkatan kualitas kebahagiaan keluarga.

Tidak hanya memperkuat kasih sayang, namun juga ikatan (hubungan), kehangatan, kekompakan serta membentuk hubungan orangtua dan anak lebih menyenangkan.

Dalam studi ini juga menemukan bermain bersama orangtua dan anak dapat meningkatkan tingkah kebahagiaan ayah dan ibu. Bahkan nilainya meningkat bila dilakukan lebih lama.

Pakar Gizi Medik Universitas Indonesia DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc mengatakan, kebahagiaan ayah dan ibu meningkat 18% usai bermain dengan anak. Bahkan nilainya meningkat menjadi 38% bila aktivitas ini dilakukan hingga dua pekan.

“Tak hanya kebahagiaan saja yang didapat. Kegiatan ini juga memengaruhi kesehatan anak,” katanya.

Ketika anak merasa bahagia maka otak mereka berada dalam kondisi positif. Sehingga otak mengirimkan sinyal baik ke sistem pencernaan. Pencernaan yang sehat akan membantu penyerapan gizi makanan lebih maksimal.

Menghabiskan waktu bersama keluarga tidak harus berpergian ke suatu tempat dan membeli sebuah mainan. Esensi bermain ini adalah terciptanya komunikasi dan interaksi orangtua dan anak.

Kegiatan ini akan memancing masing-masing anggota keluarga menunjukkan afeksi atau kasih sayang. Alhasil ikatan keluarga semakin kuat dan menjadi modal dasar pengembangan karakter anak, seperti pengembangan kreativitas, kepemimpinan, keberanian serta kerendahan hati.