Rambut Beruban Dalam Semalam? [hsw]

Rambut Beruban Dalam Semalam?

PinkKorset.com – Sejarah menyebutkan, Ratu Prancis Marie Antoinette rambutnya memutih dalam semalam. Hanya fiksi atau bisa terjadi pada Anda?

Rasa takut luar biasa karena harus dipenggal lehernya di pagi hari, membuat rambut Marie Antoinette memutih dalam waktu semalam. Peristiwa ini menjadi salah satu highlight Revolusi Prancis pada 1793.

Sindrom Marie Antoinette pun menjadi istilah untuk menjelaskan hal yang sama. Biasa terjadi pada seseorang yang mengalami syok luar biasa, kehilangan besar, atau situasi yang mengancam nyawa.

Kisah-kisahnya sudah banyak. Mulai dari orang-orang yang selamat dari peristiwa pemboman di era Perang Dunia Kedua hingga kalangan biasa. Rambut mereka memutih dalam hitungan jam.

Tapi, kisah ini hanya sekadar dongeng atau adakah penjelasan medisnya?

Perlu diketahui, kisah Marie Antoinette cukup kontroversial. Ada yang menyatakan, Marie sengaja mewarnai rambutnya menjadi abu-abu sebagai protes karena dilarang berdandan selama dipenjara.

Ada juga yang menyebutnya sebagai bagian dari kondisi canities subita. Kondisi ini menyebabkan rambut seseorang memutih dalam semalam. Di beberapa kasus, ada yang rambutnya malah memiliki berbagai marah.

Jika rambut hitam mendadak rusak, yang tersisa hanyalah warna terang sehingga rambut seperti beruban dalam waktu semalam. Canities subita bukanlah satu-satunya kondisi medis yang mengubah warna rambut.

Sebagian orang memang akan kehilangan pigmennya, seiring bertambahnya usia. Namun hal ini tak terlihat sebelum folikel (ujung rambut) putih mencapai masa kritisnya. Ini proses normal.

Tanpa kedua jenis folikel ini, satu yang membuat rambut berwarna hitam dan satu lagi yang memberi kesan warna merah atau kuning, mahkota kita itu takkan memiliki warna alias transparan.

Periset pernah menyatakan, sel yang memproduksi melanin juga menghasilkan hidrogen peroksida yang membuat seseorang memiliki warna rambut terang. Zat tersebut tak bisa dipisahkan dari rambut seseorang.

Bertumpuknya hidrogen peroksida dan kekurangan melanin, bagian dari proses penuaan, bisa menyebabkan rambut mendadak memutih. Tak jarang, hal ini terjadi dalam waktu semalam.

Perlu diketahui, rambut bukanlah benda hidup yang bisa berubah warna semaunya. Satu-satunya cara mengubah warna seperti yang Anda inginkan adalah mengecatnya.