Remaja Butuh Kegiatan Luar Ruang [momjunction]

Remaja Butuh Kegiatan Luar Ruang

PinkKorset.com – Berkembangnya teknologi dan gadget yang semakin marak, membuat remaja lebih suka menghabiskan waktunya di dunia maya.

Kesibukan sosialisasi dan game-game dunia maya yang menarik, menimbulkan kecenderungan para remaja enggan keluar ruangan karena asyik sendiri. Akibatnya, kurang aktivitas luar ruangan yang, seharusnya, berdampak positif bagi mereka.

Penelitian di Journal of Experimental Psychology mendemonstrasikan hubungan erat antara berjalan di luar ruangan dengan peningkatan kreativitas dalam menciptakan ide-ide baru.

Sementara studi oleh Glasgow University membuktikan, aktivitas fisik yang dilakukan sekitar pepohonan dan rumput dapat menurunkan level stres otak. Psikolog Vera Itabliana juga mengamini hasil-hasil penelitian tersebut.

Menurutnya, kegiatan luar ruangan mengajarkan remaja untuk berpikir mandiri dan merasa kompeten. Sehingga, mereka memiliki kemampuan yang baik dalam memecahkan masalah.

“Mereka yang aktif dalam kegiatan outdoor biasanya memiliki kelebihan proses kreatifitas, perencanaan dan pengambilan keputusan,” tambahnya, dalam konferensi pers Coke Kicks 2016 di Jakarta, belum lama ini.

coke-kicksCoke Kicks adalah acara bikinan PT Coca Cola Amatil Indonesia untuk menggandeng remaja berusia 14-16 tahun di sejumlah daerah di Tanah Air untuk bergabung dalam pelatihan sepakbola.

Tak hanya materi, mereka juga akan turut dalam kompetisi mini melawan satu sama lain. Memasuki tahun ke-6, Coke Kicks telah melakukan kegiatan di 500 desa dan diikuti 12.370 peserta.

Kali ini Coke Kicks menyasar sepuluh kota. Yakni Palembang, Cirebon, Sleman, Batam, Bali, Pekanbaru, Bogor, Banyuwangi, Ambon dan Pontianak.

Bekerja sama dengan Asian Soccer Academy (ASA), Coke Kicks juga menjaring bibit-bibit baru dari pemain terbaik yang ditemukan untuk kemudian diajukan ke PSSI atau disalurkan bakatnya di tempat lainnya.