Akankan Ada Emoji Hijab? [bbc]

Akankan Ada Emoji Hijab?

PinkKorset.com – Seorang remaja asal Arab Saudi yang tinggal di Jeman mengajukan pembuatan emoji hijab.

Rayouf Alhumedhi mengajukan permintaan tersebut ke Unicode Consortium, organisasi yang mengelola pembuatan emoji baru.

Ide itu tercetus ketika Rayouf Alhumedhi yang kini tinggal di Berlin, Jerman, ingin mendirikan grup di WhatsApp bersama teman-temannya dan menyadari tidak ada emoji untuk dirinya yang berjilbab.

Rayouf sempat mengirim surat ke Apple, namun tak mendapatkan tanggapan sebelum akhirnya mendengar tentang Unicode Consortium.

Rayouf-AlhumedhiMenurutnya, banyak sekali perempuan muslim di dunia yang memakai jilbab. Presentasi diri pun saat ini merupakan hal yang sangat penting.

“Orang-orang ingin diakui, khususnya di dunia teknologi. Emoji adalah suatu terobosan besar, karena sudah mendunia,”katanya mengenai alasan di balik proyek ini.

Ia mengakui, emoji ini mungkin tampak sepele. “Namun, akan sangat berbeda ketika Anda melihat diri Anda (perempuan berhijab) pada keyboard di seluruh dunia. Ini benar-benar hebat,”ujarnya.

Pengajuan ini muncul di tengah perdebatan negara-negara di Eropa tentang isu jilbab. Mereka berpendapat tutup kepala ini mengekang kebebasan beragama, kesetaraan perempuan, tradisi sekuler, bahkan isu terorisme.

Dalam tanya jawab yang diselenggarakan Reddit, Selasa (13/09), Rayouf yang didukung salah satu pendiri Reddit, Alexis Ohanian, menjawab sejumlah pertanyaan tentang hijab termasuk tentang anggapan bahwa penutup kepala adalah simbol tekanan terhadap perempuan.

“Mungkin terkesan membingungkan, namun saat saya mengenakan penutup kepala, saya merasa terbebas karena saya merasa dapat mengontrol apa yang ingin saya tutup,” kata Rayouf.

“Penutup kepala dapat membuat orang melihat di balik kecantikan perempuan dan melihat bagaimana pengetahuannya. Saya tahu bahwa sebagian perempuan dipaksa memakai hijab namun itu sangat kecil bila dibandingkan dengan mereka yang melihat keindahan di balik itu,” tambahnya.

Aphelandra Messer, ilustrator yang merancang emoji hijab mengatakan, salah satu keputusan adalah membuat hijab dalam warna netral.

“Rancangan pertama saya adalah perempuan dengan hijab ungu gelap. Dibuat warna netral agar emoji dapat digunakan sebanyak mungkin orang di banyak negara.”

Jadi, akankah ada emosi hijab?

Jika usulan Rayouf disetujui, maka emojinya akan muncul pada 2017.