Romantisme Spionase di Era Perang Dunia

PinkKorset.com – Sisi lain dunia mata-mata diungkap secara menarik lewat film Allied. Mana yang menang, cinta atau patriotisme?

Afrika Utara, 1942, di tengah gurun pasir seorang agen intel Kanada Max Vatan (Brad Pitt) berangkat menuju lokasi misinya di Casablanca, Maroko. Ia bertemu agen pemberontak Prancis yang cantik, Marriane Beausejour (Marion Cotillard).

Keduanya jatuh cinta. Vatan mengajak Marriane ke London untuk menikah dan tinggal bersama. Mereka dikaruniai seorang putri. Tak lama, London diserang pesawat Nazi.

Atasan Vatan, Frank Heslop (Jared Harris), mencurigai pesan rahasia dari seorang agen yang masuk dari Jerman ke Inggris. Secara tak langsung, pesan itu ditelusuri hingga ke daerah Vatan dan Marriane tinggal.

Vatan kaget dan tak percaya. Atasannya menyiapkan jebakan untuk memancing sekaligus membuktikan Marianne tak bersalah. Kegusaran mulai merasuk ke rumah tangga mereka.

Menarik kiranya menyaksikan film besutan sutradara Robert Zemeckis yang berpengalaman dalam film-filmnya yang lintas genre mulai dari trilogi Back To The Future, Forrest Gump, Cast Away, Polar Express hingga The Walk.

Naskahnya digarap Steven Knight yang popular dengan film-film seperti Redemption, Eastern Promises dan Locke. Adapun genre spionase sebenarnya familiar di dunia film Barat.

Mulai dari yang elegan seperti James Bond, sarat aksi ala Jason Bourne, hingga terbalut kisah drama seperti Tinker Tailor Soldier Spy. Kali ini, ada bumbu romansa dengan ending yang cukup masuk akal dan tidak sekadar ‘cari aman’.

Selain plot yang diungkap dengan mulus, lokasi syutingnya juga menarik. Tak pelak film ini memang layak ditonton bagi mereka yang sangat menyukai film bergenre drama mata-mata dengan plot yang sedikit berbeda dari film kebanyakan.

Allied

Sutradara: Robert Zemeckis
Produser: Graham King, Steve Starkey, Robert Zemeckis
Skenario: Steven Knight
Pemeran: Brad Pitt, Marion Cotillard, Jared Harris, Simon McBurney, Lizzy Caplan
Produksi: GK Films, ImageMovers
Distribusi: Paramount Pictures