Ketika Jiwa dan Raga Terbelenggu Ruang [pulseradio]

Ketika Jiwa dan Raga Terbelenggu Ruang

PinkKorset.com, Jakarta – Sejatinya manusia ingin hidup bebas menikmati indahnya dunia. Tetapi, pilihan manis itu tidak dirasakan Jack. Ia terkungkung di kamar seumur hidupnya.

Sebuah gudang kumuh di halaman belakang rumah menjadi saksi bisu kehidupan Joy (Brie Larson) perempuan berusia 24 tahun dan putranya, Jack (Jacob Tremblay), 5 tahun.

Mereka menyebut tempat ini ‘Room’. Ibu dan anak ini berbagi tempat tidur, toilet, bak mandi, televisi dan dapur. Mereka ditawan oleh Old Nick (Sean Bridgers), yang menculik Joy 7 tahun lalu dan menghamilinya.

Joy berusaha membuat ruangan seluas 10 x 10 meter ini menjadi rumah ideal bagi Jack. Ia mengajarkan kepada Jack, seisi rumah adalah hal nyata dan seluruh dunia hanya ada dalam televisi.

Bangunan sempit dengan satu jendela kecil di langit-langit inipun menjadi rumah bagi Jack. Tetapi bagi Joy, hanya sebuah penjara. Ia sadar, Jack makin besar dan kamar ini takkan cukup baginya.

Sang ibu pun mulai menyusun strategi demi membebaskan putranya dan meminta bantuan. Sukseskah rencananya?

Film drama ini diangkat berdasarkan novel karya Emma Donoghue dengan judul yang sama. Kisah penuh haru dan akting para pemain membungkus apik film ini.

Brie Larson begitu menjiwai perannya sebagai ibu yang mencintai anak semata wayangnya. Raut wajah semangat, kecewa, takut, sedih dan putus asa terlihat jelas pada sosok Joy.

Kepiawaian akting Larson di film Room dibanjiri penghargaan kategori Best Actress dari British Academy Film Award, Golden Globe Awards, Critics’ Choice Movie Awards, Screen Actors Guild Awards, hingga Academy Awards alias Piala Oscar.

Aktor cilik asal Kanada, Jacob Tremblay, juga ikut menuai prestasi dengan meraih Best Young Performer (Critics’ Choice Award).

Tak hanya cerita dan akting para pemain yang memukau. Film ini juga menampilkan sudut gambar yang mendukung cerita dan tak mudah dilakukan.

Misalnya saja, kesukaran pengambilan gambar dalam ruang sempit namun menampilkan kesan luas. Semua prestasi ini tidak terlepas dari tangan dingin sang sutradara, Lenny Abrahamson.

Penasaran dengan film drama bertabur penghargaan ini? Saksikan di bioskop-bioskop kesayangan Anda.

Room

Sutradara: Lenny Abrahamson

Produser: Ed Guiney, David Gross

Skenario: Emma Donoghue

Pemain: Brie Larson, Jacob Tremblay, Joan Allen, Sean Bridgers, William H. Macy

Produksi: Element Pictures, No Trace Camping, Film4

Distribusi: A24 Films