Shopee Ajak Ibu Jadi ‘Mompreneur’

PinkKorset.com, Jakarta – Aplikasi mobile marketplace, Shopee memberikan pelatihan kewirausahaan kepada para ibu melalui program Shopee 2.0.

Shopee Indonesia mengajak 50 ibu muda terpilih untuk mengikuti kegiatan bertajuk Shopee Mom 2.0. Melalui kegiatan ini, para peserta mendapatkan pelatihan menjadi ibu rumahtangga sekaligus pengusaha (mompreneur) dengan memanfaatkan teknologi informasi saat ini.

Managing Director Shopee Indonesia Rainal Lu mengatakan, zaman dahulu, peran ibu hanya melakukan kegiatan di rumah, seperti memasak, mencuci, mengurus anak dan lainnya. Tetapi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, peran ibu lebih bervariasi.

Salah satunya menjadi entrepreneur,” katanya dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin (1/8/2017). Rainal menambahkan, Shopee dirancang untuk memberikan kemudahan berjualan melalui mobile gadget. Misalnya saja membuat toko online, menambahkan produk, melayani pembeli dengan fitur chat, tracking penjualan dan fitur asisten penjual.

Program Shopee 2.0 menghadirkan aneka kegiatan seperti workshop pengembangan bisnis, talkshow bersama mompreneur muda sukses, games dan sharing session dengan psikolog. Selaras dengan kegiatan ini, selebritas sekaligus mompreneur, Zaskia Adya Mecca membagikan pengalaman menjalankan bisnis miliknya, Meccanism.

Zaskia menuturkan, usai menikah, suami dan anak adalah prioritas utama. Namun, Istri Hanung Bramantyo ini ingin tetap berkarya dan memiliki penghasilan sendiri. “Jadi, salah satu pilihannya menjadi pengusaha,” katanya.

Berbekal passion fesyen dalam dirinya, Zaskia memilih usaha pakaian muslim (hijabers) dengan mendirikan butik Meccanism pada 2013 silam. Selain itu, alasan ia mendirikan usaha ini lantaran sulit menemukan baju yang sesuai seleranya.

Zaskia menyarankan para mompreneur memanfaatkan teknologi mobile marketplace untuk memudahkan dalam berbisnis dan salah satunya Shopee. “Kita pakai sambil berusaha menyediakan layanan dan produk yang baik untuk pembeli. Sehingga pembeli balik terus,” tutupnya.