Siapkan Diri Bicara Seks ke Anak [Pinterest]

Siapkan Diri Bicara Seks ke Anak

PinkKorset.com – Sebelum berbicara tentang seks dengan anak-anak, para orangtua juga butuh mempersiapkan diri.

Topik birds and bees alias masalah seksual seringkali enggan dibicarakan orangtua kepada anaknya. Selain malu, orangtua bingung kapan saat yang tepat untuk memulainya.

Menurut buku ‘Adik Bayi Datang dari Mana? A-Z Pendidikan Seks Usia Dini’ yang ditulis dr. H. Boyke Dian Nugraha. SpOG, MARS dan dr. Sonia Wibisono, pendidikan seks bisa dikenalkan sejak lahir.

Buku ini juga mencatumkan beberapa tips persiapan diri bagi orangtua sebelum mengajak anak berbicara mengenai seks, berikut ini.

  • Bicarakan seks sebagai hal yang wajar, seperti halnya membicarakan hal lain.
  • Pastikan anak tahu bahwa ketika dia bertanya seputar seksual, orangtua selalu bersedia mendengar dan menjawabnya.
  • Jika anak senang membaca buku, majalah, atau membuka internet, jadikan aktivitas itu sebagai titik awal yang baik. Pilih beberapa informasi yang tepat, lalu bahas bersama-sama. Dengan demikian orangtua bisa langsung mengoreksi bila ada persepsi anak yang tidak tepat.
  • Cermati usia anak saat memberi penjelasan tentang seksual. Saat balita Anda menanyakan asal adik bayi, cukup jelaskan bahwa bayi berasal dari perut ibu. Sementara untuk anak yang lebih tua, buku dengan gambar-gambar sangat membantu dalam menjelasakan terjadinya proses reproduksi.
  • Tak ada salahnya berdialog tentang seks bersama anak laki-laki dan perempuan. Bagaimanapun, anak laki-laki perlu mengetahui lebih jauh tentang anak perempuan dan sebaliknya. Pengetahuan dan pemahaman yang benar akan membantu anak-anak memiliki rasa tanggung jawab sejak dini.

Ada baiknya, berbagi peran dalam menjelaskan. Suami berbicara pada anak laki-laki dan istri kepada anak perempuan. Selain rasa nyaman, Anda juga bisa berbagi langsung pengalaman pribadi dengan tubuh Anda pada si anak sesuai gendernya.