Nyamuk Suka Sinar UV [natgeo]

Nyamuk Suka Sinar UV

PinkKorset.com, Jakarta – Sinar ultraviolet memiliki beragam manfaat. Salah satunya digunakan sebagai perangkap nyamuk. Mengapa nyamuk menyukainya?

Ultraviolet (UV) secara alami bersumber dari radiasi matahari dan dapat dihasilkan pula dari lampu ultraviolet berbentuk tabung maupun LED. Sinar UV memiliki banyak manfaat. Misalnya saja membasmi kuman pada air minum, alat terapi untuk penyakit kulit dan memeriksa keaslian uang.

Bahkan ‘cahaya hitam’ ini mampu menarik nyamuk dan serangga lain. Ini disebabkan sebagian serangga memanfaatkan UV dari benda-benda langit untuk membantu proses navigasi. Tidak heran bila lampu UV sering disematkan pada perangkap nyamuk karena dapat menarik atau mengecoh serangga terbang.

Seperti salah satunya produk perangkap nyamuk berteknologi UV asal Korea Selatan produksi Seoul Viosys, Mosclean. Marketing Director Seoul Viosys (Mosclean) Lee Junsub mengatakan, Mosclean menggunakan lampu UV LED (Violeds) yang lebih tangguh ketimbang lampu UV bohlam.

“Mosclean dapat menangkap lebih banyak nyamuk penyebar virus malaria, demam berdarah dan zika ketimbang produk serupa lainnya di pasaran,” katanya dalam keterangan pers di Jakarta.

Kemampuan perangkat ini didukung teknologi Violeds dengan lapisan khusus yang menghasilkan karbondioksida melalui proses katalik. Kombinasi cahaya khusus yag diatur dalam jangkauan visual maksimal nyamuk dan karbondioksida efektif menarik dan menangkap nyamuk.

“Alat ini dapat menangkap nyamuk empat kali lebih baik dibandingkan perangkap dengan lampu merkuri biasa,” ucap principal Engineering Seoul Viosys Eom Hoonsik.

Mosclean berupa tabung plastik hitam dengan topi pelindung berisi enam lampu UV LED, kipas penyedot dan wadah perangkap berongga. Untuk memaksimalkan daya kerja, perangkap ini menghasilkan panas 38-40 derajat Celsius yang ideal untuk habitat nyamuk. Seluruh nyamuk yang terjebak dalam waktu lama akan mati mengering.

Perangkat ini efektif menjangkau nyamuk di ruangan seluas 1.000 kaki persegi atau setara garasi berkapasitas 4 mobil. Mosclean dapat diletakkan di lantai maupun digantung. Alat ini tidak mengunakan bahan kimia, tanpa penggantian lampu, aman dari sengatan listrik, berdaya listrik 4 watt dan tingkat kebisingan rendah (<30dB).

Di Indonesia, perusahaan asal Korea Selatan ini  bekerjasama dengan PT Honoris Indonesia melahirkan merek perangkat nyamuk bernama Hori Ultraviolet LED. Perangkat bergaransi 12 bulan ini dijual dengan harga Rp509.900 dan tersedia di toko peralatan rumah tangga dan Blibli.com.