Terungkapnya Rahasia Internet Korut [abcnews]

Terungkapnya Rahasia Internet Korut

PinkKorset.com – Salah satu negara yang paling tertutup ini menyimpan banyak misteri. Salah satu rahasia besar mereka adalah struktur internetnya. Seperti apa?

Selain dikendalikan dengan ketat, orang asing takkan bisa mengakses internet di Korea Utara (Korut). Namun pekan ini, rahasia itu terbongkar ketika terjadi error. Seseorang tak sengaja membuka akses ke seluruh data server internet Korut hingga ke level tertinggi.

Akibatnya, terungkap nama-nama domain yang bertengger di level tertinggi negara tersebut, yakni .kp. Tim dari Github sukses mengakses data ini dan mengungkap bahwa hanya ada 28 website di Korut. Domain tersebut umumnya bisa dibuka dari negara lain, meski amat lambat.

Perlu dicatat bahwa ini tampaknya pertama kali seseorang dari luar Korut bisa merilis data internet negara tersebut. Daftar yang telah dianalisa pengguna situs forum Reddit ini, dilansir Mashable, termasuk domain-domain terkenal seperti Rodong.rep.kp yang basis situs resmi negara itu, Rodong.

Beberapa mudah ditebak. Seperti airkoryo.com.kp yang situs maskapai Korut, Air Koryo. Kemudian knic.com.kp yang milik Korean People Total Insurance Company. Beberapa seperti friend.com.kp masih misteri. Mungkinkah situs itu semacam Facebook milik Korut?

Internet Korut pernah menjadi sorotan dunia pada 2014 ketika offline selama 9,5 jam tanpa alasan apapun. Muncul spekulasi internet negara tersebut, yang terhubung ke seluruh dunia via Tiongkok, down karena serangan DDoS yang dalam dunia internet modern adalah sebuah hal yang amat sederhana.