Tiongkok Nyalakan Teleskop Alien [mashable/xinhua]

Tiongkok Nyalakan Teleskop Alien

PinkKorset.com – Tiongkok menyalakan sebuah teleskop radio raksasa, terbesar di dunia, yang digunakan untuk mencari alien.

Akhir pekan lalu, pejabat negara tersebut melakukan pengguntingan di tempat teleskop tersebut berada. Benda yang diberi nama FAST (Five-hundred-metre Aperture Spherical Telescope) ini terletak di kawasan pegunugan Pingtang, Guizhou, bagian barat daya Tiongkok.

Proyek senilai US$180 juta (sekitar Rp2,4 triliun) ini memiliki 4.450 panel dan ukurannya kurang lebih 30 kali lapangan sepak bola. Saat peluncuran, ilmuwan Tiongkok mengklaim, benda yang mereka sebut ‘super eye in the sky’ ini cukup sensitif sehingga bisa mendeteksi penggunaan ponsel di bulan.

Teleskop tersebut digunakan untuk mendeteksi emisi radio di langit dan pesan dari jauh di angkasa. Periset di Chinese Academy of Sciences mengklaim, seperti dilansir Xinhua, FAST sudah mendeteksi gelombang elektromagnetik dari sebuah bintang sejauh 1.351 tahun cahaya.

Pemerintah Tiongkok meyakini, teknologi ini merupakan lompatan besar dalam riset luar angkasa. Biasanya, mereka tertinggal dari negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Jerman. Periset mengerjakan FAST selama 17 tahun sebelum konstruksinya dimulai.

Awal tahun ini, saat FAST mulai dibangun, pemerintah Tiongkok menggusur lebih dari sembilan ribu warga dalam radius lima kilometer.