Tips Bersihkan Sepatu Suede [ourshorelinecommunity]

Tips Bersihkan Sepatu Suede

PinkKorset.com – Sepatu berbahan suede memang keren. Namun jenis bahan ini membutuhkan perhatian khusus untuk merawatnya.

Bahan suede makin marak digunakan untuk sepatu. Sayang, bahan ini rentan terhadap gesekan, goresan dan noda. Membersihkannya cukup sulit dan bahkan membuat malas membelinya.

Ingin gaya dengan sepatu suede tapi tak mau susah? Berikut tips mudah membersihkan sepatu berbahan suede.

Sikat

Jika membeli sepatu berbahan suede, mau tak mau Anda memang harus membeli sikat khusus untuk membersihkannya. Noda ringan sebaiknya dibersihkan menggunakan sikat ini. Sebagian besar pabrikan sepatu suede memberi petunjuk cara membersihkan. Ikuti arahan tersebut. Bersihkan noda ringan dalam keadaan kering. Perlahan, sikat noda yang terkumpul di sepatu Anda. Jangan menyikat maju mundur seperti ketika menyikat gigi. Namun, sikat ke satu arah dengan sabar. Begitu lapisan kotoran ini tersingkir, sepatu akan nampak seperti baru.

Jika nodanya membandel dan Anda menyikat cukup lama, biasanya bahan suede nampak tertekan ke satu arah. Cukup sikat dua arah secara perlahan hingga bahan kembali ke bentuk semula. Hal ini sebaiknya dilakukan dengan sikat khusus suede. Jika noda sulit disingkirkan, kelupas terlebih dahulu menggunakan pisau.

Penghapus

Ketika sikat suede gagal membersihkan noda yang super bandel, gunakan penghapus pensil atau sepotong karet yang biasanya menjadi bahan sol sepatu. Toko tertentu menjual penghapus khusus bahan suede. Saat menggunakan penghapus, jangan menekannya secara berlebihan. Gunakan kekuatan seperlunya hingga noda hilang.

Air

Suede bisa dibersihkan dengan sikat yang dibasahi sedikit air. Suede akan berubah warna, namun air bisa membersihkan dengan cukup baik jika dilakukan dengan benar. Begitu noda hilang, langsung keringkan suede dengan kain kering atau spons untuk menyerap sisa-sisa air. Untuk mengeringkan bagian dalam sepatu suede yang biasah, bisa menggunakan kertas bekas atau kertas daur ulang. Jangan gunakan kertas koran karena tintanya bisa melekat ke bahan suede. Biarkan sepatu mengering sepanjang malam. Esok hari, sisir sepatu dengan sikat khusus suede.

Noda Minyak

Membersihkan noda minyak dari suede cukup sulit. Meski bisa, noda takkan hilang sepenuhnya dan membuat sepatu suede nampak jelek. Beberapa orang merekomendasikan tepung maizena saat noda minyak masih basah. Taburkan di atas noda dan diamkan semalaman, kemudian sikat bersih esok harinya.

Lumpur

Biarkan noda lumpur mengering sebelum dibersihkan. Singkirkan noda lumpur tanpa menekan terlalu keras dan sisanya bisa dikeringkan di bawah sinar matahari. Biasanya, Anda bisa mengelupas noda lumpur yang mengering. Gunakan sikat suede untuk membersihkan sisa lumpur yang sudah menjadi debu.

Permen Karet

Letakkan sepatu suede di dalam lemari es selama beberapa jam. Tujuannya untuk membuat permen karet membeku sehingga Anda bisa mengupasnya dengan mudah. Bersihkan sisanya dengan sikat suede.

Lindungi Suede

Begitu bersih dari noda, semprotkan cairan pelindung suede. Hal ini sebenarnya lebih baik lagi jika dilakukan sejak pertam membeli. Cairan ini melindungi sepatu suede dari noda dan bekas gesekan. Ingat, patuhi petunjuk dari pabrikan mengenai cara menggunakan semprotan ini.