Tips Sederhana Cegah Pneumonia [dailyexpress]

Tips Sederhana Cegah Pneumonia

PinkKorset.com, Jakarta – Pneumonia, terutama pada anak, dapat dicegah dengan beberapa cara sederhana seperti berikut ini.

Mencegah pneumonia pada anak merupakan langkah penting dan bagian dari strategi mengurangi angka kematian anak. Yakni dengan imunisasi Hib, pneumococcus, campak dan batuk rejan (pertusis), yang merupakan cara murah dan mudah.

Gizi seimbang merupakan kunci meningkatkan pertahanan alami anak-anak. Mulai dari pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan. Selain efektif dalam mencegah pneumonia, juga membantu mengurangi waktu sakit jika seorang anak terkena pneumonia.

“Selain itu mengatasi faktor lingkungan seperti polusi udara dalam ruangan dan menjaga kebersihan rumah dapat mengurangi jumlah anak yang jatuh sakit,” tutur Kasubdit ISPA, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Dr. Kristina Widaningrum di Jakarta, belum lama ini.

Pada anak yang terinfeksi HIV dapat diberikan antibiotic kotrimoksazol untuk mengurangi risiko penularan. Sedangkan untuk pengobatan dapat diberikan antibiotik dengan pilihan pertama adalah amoksilin.

Sebagian besar kasus pneumonia memerlukan antibiotik oral yang juga dapat mendiagnosis serta mengobati. Antibiotik oral murah tersedia di tingkat masyarakat oleh petugas kesehatan yang terlatih. Pada kasus pneumonia berat disarankan untuk rawat inap.