Tips Sukses Membuat Sus [sajianbunda]

Tips Sukses Membuat Sus

PinkKorset.com, Jakarta – Kue sus cantik dan lezat terkadang tidak mudah dibuat, meskipun resep yang digunakan sudah benar.

Kue sus yang sempurna adalah yang kokoh dan indah dipandang. Serta ditunjang lezatnya krim serta coklat yang berlimpah. Namun, membuat kue sus gampang-gampang susah. Seringkali bentuk tidak kokoh karena adonan tidak matang sempurna.

Ada dua hal yang menyebabkan sus tidak mengembang sempurna, bantat dan mentah, yakni posisi adonan sus di loyang dan metode pemanggangan.

Seringkali adonan sus terlalu berdekatan saat dicetak di loyang. Posisi seperti ini menyebabkan adonan sus saling menempel dan bantat. Ini dikarenakan masing-masing adonan sus tidak mendapatkan aliran udara panas yang optimal sehingga kulit sus tidak kering.

Executive Pastry Chef Pullman Hotel Jakarta Gerald A. Maridet menyarankan untuk mencetak adonan selang-seling (tidak berurutan),”Sisakan juga ruang untuk mengembang,” ujarnya saat Cooking Demo National Interprofessional Center for the Dairy Economy di Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Proses panggang juga menentukan keberhasilan dalam membuat kue sus. Memanggang adonan sus tidak semudah memanggang adonan cake. Adonan sus memerlukan dua tahap pemanggangan dengan dua temperatur berbeda.

Tahap panggang pertama membutuhkan oven dengan panas 190 derajat Celsius. Adonan sus dipanggang pada temperatur ini selama 20 menit hingga berwarna cokelat merata. Kemudian adonan sus tetap dipanggang dengan suhu lebih rendah, yakni 175 derajat Celsius selama 15 menit hingga kulit sus mengering sempurna.

“Pemanggangan pertama adonan sus untuk mengembangkan. Sementara pemanggangan kedua untuk menguatkan kerangka sus,” katanya.

Setelah sus matang sempurna, Anda pun terbebas dari kekhawatiran sus akan menyusut setelah keluar dari oven. Anda bisa mengisi berbagai jenis krim sesuai selera. Tetapi pastikan sus didinginkan terlebih dahulu sebelum Anda isi krim.