Toyota Ciptakan Perangkat Canggih Bagi Tunanetra

PinkKorset.com – Toyota menciptakan teknologi inovatif untuk membantu mobillitas dan kenyamanan penyandang tunanetra.

Proyek yang diberi nama BLAID ini mendesain perangkat yang dipakai (wearable device) menyerupai huruf U.

“Proyek BLAID ini contoh bagaimana Toyota memimpin jalan menuju masa depan mobilitas, bahwa bergerak tak hanya mengenai kendaraan,” kata Chief Administrative Officer Toyota Motor North America, Simon Nagata.

Alat ini nantinya akan dikenakan di bahu dan berfungsi mengisi kekurangan alat bantu sehari-hari seperti tongkat, anjing, hingga GPS. Pengguna akan mendapatkan informasi mengenai keadaan sekitarnya. Sehingga mereka bisa mengenali benda-benda seperti eskalator, tangga, dan kamar mandi.

Teknologi ini akan memiliki kamera yang bertindak sebagai mata. Informasi akan dikomunikasikan menggunakan speaker dan motor vibrasi.

“Kami ingin semua orang merasakan kebebasan bergerak tanpa dibatasi situasi, lokasi, maupun kemampuan mereka,” imbuh Nagata.

Pengguna perangkat yang akan segera menjalani beta testing ini bisa berinteraksi menggunakan teknologi pengenal suara (voice recognition) dan sejumlah tombol.

Toyota, pada akhirnya, akan menambahkan pemetaan, identifikasi objek dan teknologi pengenal wajah atau facial recognition technology.