Vitamin Paling Murah Meriah [pinterest]

Vitamin Paling Murah Meriah

PinkKorset.com, Jakarta – Untuk memeroleh manfaat vitamin, Anda biasanya membeli suplemen atau makanan dan minuman jenis tertentu. Tetapi ada vitamin yang ternyata paling murah.

Ya. Vitamin D adalah salah satu vitamin yang paling murah karena dapat dibentuk oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari. Anda pun tak perlu mengonsumsi repot-repot mengonsumsi suplemen vitamin.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Dr. dr.  Samuel Oetoro, MS, Sp.GK(K) mengatakan, vitamin D diperoleh ketika tubuh terpapar langsung sinar matahari selama 10 – 15 menit. Sinar matahari akan mengubah kolesterol di bawah kulit menjadi pro-vitamin D. Oleh karena itu vitamin ini disebut juga The Sunshine Vitamin.

“Khusus orang dengan pigmen tinggi (kulit gelap) membutuhkan paparan sinar matahari lebih lama,” katanya di Jakarta baru-baru ini.

Kendati dapat diperoleh secara gratis, vitamin D juga dapat dihasilkan dari bahan makanan. Hanya saja, pembentukan vitamin D memerlukan proses dan tahapan panjang. “Vitamin D dapat digunakan tubuh setelah dihidroksilasi di hati dan ginjal,” ujarnya.

Bahan makanan yang mampu memberikan tambahan vitamin D untuk tubuh adalah susu, telur, salmon, udang, keju, kedelai dan sereal. Dosis aman asupan vitamin D per hari yakni 15 – 20 mikrogram.

Beberapa manfaat vitamin D adalah berperan sebagai hormon, mengatur kadar kalsium dan fosfor (untuk kepadatan tulang), membantu kerja otak, jantung, lambung, pangkreas, kulit serta organ reproduksi. “Kekurangan vitamin ini menyebabkan tulang mudah hancur (osteoporosis osteomalacia), rakitis dan penuaan dini (the elderly),” pungkasnya.