Warteg Bakal Punya Aplikasi Online [memulaibisnisx]

Warteg Bakal Punya Aplikasi Online

PinkKorset.com, Jakarta – Belanja sabun, sampo hingga makanan di warteg, nantinya bisa dilakukan melalui aplikasi online.

Menjamurnya supermarket besar dan kecil, menggeser keberadaan warung kecil konvensional seperti warung kelontong atau warung tegal (warteg) di pinggir jalan. Mereka terhimpit dan kalah saing dengan jaringan perusahaan ritel raksasa.

Kondisi ini menggugah Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia (ADEI) mengembangkan aplikasi mobile bernama Warung Digital. Aplikasi ini akan menjaring seluruh warung kecil di pinggir jalan se-Indonesia agar berdagang melalui online.

Anda dapat membeli produk sehari-hari seperti sabun, sampo, makanan ringan bahkan makanan di Warung Tegal (Warteg) melalui aplikasi ini.

Ketua Umum Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia Bari Arijono mengatakan, Warung Digital adalah project ADEI yang sedang dikembangkan dengan visi dan misi memajukan ekonomi digital Indonesia melalui ekonomi kerakyatan.

“Bila proyek ini berhasil dampak terhadap perekonomian Indonesia besar sekali. Pertumbuhan ekonomi digitalnya Rp103 triliun,” katanya kepada Pinkkorset.com di Jakarta, baru-baru ini.

[mix]

[mix]

Dengan aplikasi ini setiap pelaku usaha warung kelontong akan diberikan smartphone sekaligus aplikasi. Mereka juga diberikan pelatihan penggunaan smartphone dan cara berbisnis online.

Pengembangan Warung Digital dideklarasikan pada 1 Februari 2016 dan direncanakan dirilis Juni mendatang. Bari menambahkan, program jangka panjang ini menargetkan 1,5 juta Warung Digital pada tiga tahun pertama.

“Kami berharap aplikasi ini akan tersedia di negara-negara ASEAN, Asia PAsifik dan bahkan seluruh dunia,” pungkasnya.