Wisata Lebaran di Jakarta [ragunanzoo]

Wisata Lebaran di Jakarta

PinkKorset.com, Jakarta – Sudah punya rencana jalan-jalan saat lebaran? Jika belum, destinasi wisata ini bisa jadi pilihan rekreasi bersama keluarga.

Hari raya lebaran merupakan ajang berkumpulnya keluarga dan sanak saudara. Tak jarang banyak rombongan keluarga yang berwisata usai salat dan bersilaturahmi.

Untuk warga Jakarta, ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi saat lebaran.

  1. Jakarta Fair Kemayoran

.

Salah satu destinasi menarik di Jakarta saat liburan adalah Jakarta Fair Kemayoran (JFK). Pameran terbesar Jakarta yang digelar sejak 10 Juni– 17 Juli 2016 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran tersebut menawarkan berbagai promo dan diskon. Terdapat 1.300 stand lebih, mulai dari wahana bermain, kuliner hingga tempat belanja.

Pada hari biasa, Jakarta Fair buka jam 15.30 WIB hingga 22.00 WIB. Namun, pada Sabtu dan Minggu, jam operasional lebih panjang, yakni dari pukul 10.00 WIB hingga 23.00. Khusus Jumat, Jakarta Fair tutup pukul 23.00WIB.

Bagaimana jam buka saat lebaran?

JFK libur saat malam takbiran, Selasa 5 Juli 2016. Namun, pada lebaran hari pertama (6 Juli) buka pada pukul 14.00 hingga 23.00 WIB. Lalu, lebaran hari kedua (7 Juli) buka mulai pukul 10.00 hinga 23.00 WIB. Sementara untuk masa-masa setelah Lebaran, yakni tanggal 11-17 Juli, jam buka JFK akan normal kembali.

Soal tiket masuk pun cukup terjangkau. Senin, Anda bisa membeli tiket seharga Rp20 ribu, Selasa-Kamis Rp25 ribu, Jumat-Minggu serta hari libur Rp30 ribu. Sedangkan lansia di atas 60 tahun dibebaskan biaya masuk.

  1. Taman Mini Indonesia Indah

keong-mas-TMII

Terletak di Jakarta Timur dengan area seluas 150 hekktar, tempat wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional 07.00-22.00 WIB. Tahun ini, TMII memiliki rangkaian acara untuk memeriahkan Lebaran. Misalkan saja Parade Bedug dan Perkusi Nusantara yang menampilkan gema bedug takbir serta tontonan unik kesenian rakyat pada 6-10 Juli di Plaza Tugu Api Pancasila.

Ada pula Pekan Lebaran Idul Fitri 1437 H di Bumi Raflesia Anjungan Bengkulu pada 6-10 Juli dengan persembahan senandung lagu Bengkulu, Melayu, pameran industri kerajinan dan pariwisata, pameran batu akik/nusantara serta bazar kain besurek dan kuliner khas Bengkulu.

Sementara Pekan Lebaran Idul Fitri Serasa Pulang Kampung menyuguhkan panggung musik ‘koempoel lebaran” serta gelar tari islami dan parade marchingband anak di Istana Anak-anak Indonesia pada 6-17 Juli 2016.

Harga tiket masuk TMII terbilang murah yakni Rp10 ribu per orang di atas usia tiga tahun. Jika membawa kendaraan akan dikenai biaya Rp30 ribu untuk bis, Rp10 ribu untuk mobil, Rp6 ribu bagi motor dan Rp1.000 untuk sepeda.

  1. Taman Margasatwa Ragunan

orangutan-ragunanBertempat di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tempat wisata ini memiliki 2.009 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20 ribu pohon yang membuat area seluas 147 hektar tersebut menjadi sejuk.

Terdapat wahana hiburan bagi pengunjung seperti kuda tunggang, onta tunggang, taman satwa anak, perahu angsa, kereta keliling, sepeda tunggal dan ganda hingga kuda bendi. Biaya yang dipatok mulai dari Rp2.500- Rp18 ribu per orang.

Bila hari biasa jam operasional pukul 07.30-16.00 WIB, maka selama libur Lebaran, Ragunan buka lebih awal, yaitu pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuk selama Lebaran juga tidak naik, sama seperti pada hari biasa, untuk dewasa Rp 4.000 dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

  1. Taman Impian Jaya Ancol 

atlantis-ancolDestinasi wisata yang bernuansa pantai ini berada di Jakarta Utara. Menempati area seluas 552 hektar, Ancol memiliki banyak wahana bermain. Seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudera, Seaworld Ancol serta Atlantis Water Adventure yang terdiri dari flying fox, green mission paint ball, shooting target pain ball, sewa areal tempur, regill peluru paint ball, ecobike, sekuter mobil, charge sepeda, fun boat cruiser, kano, bumper boat, water roller dan masih banyak lagi.

Dunia Fantasi dikenai tarif Rp300 ribu- Rp500 ribu untuk reguler hingga premium. Wahana ini buka dari jam 10.00 -17.00 WIB di hari biasa dan tutup pukul 22.00 di akhir pekan. Lalu Ocean Dream Samudera bertarif Rp150 ribu – Rp200 ribu dengan jam operasional 09.00-17.30 WIB di hari biasa dan pukul 18.00 di akhir pekan. Sementara Seaworld Ancol mematok tarif Rp100 ribu dengan jam operasional dari pukul 06.00 – 20.00 setiap harinya.

Menikmati Atlantis Water Adventure memiliki harga yang bervariasi tergantung jenis permainan, dengan jam operasional 08.00-20.00 WIB. Biaya masuk pintu gerbang Ancol Rp25 ribu per orang, tambahan Rp20 ribu bila membawa mobil dan Rp15 ribu bagi pengendara motor.

  1. Monas

monas2Tugu Monas (Monumen Nasional) dengan puncak menyerupai kobaran api bersepuh emas ini masih jadi daya tarik. Selain murah, akses angkutan umum ke Monas cukup mudah. Selama Ramadan, wisata di area tugu setinggi 132 meter ini masih tetap beroperasi. Anda dapat berkunjung ke tempat ini setiap hari (kecuali Senin) pada pukul 08.00 – 19.00 WIB.

Ada dua pilihan area wisata, yakni Cawan (goblet) dan Puncak (top). Bila hanya ingin menyaksikan Museum Sejarah Nasional Anda dapat memilih tiket Cawan. Sementara ingin ke Puncak Tugu Monas, berarti membeli tiket akses penuh (Cawan dan Puncak).

Biaya tiket cawan anak-anak/pelajar Rp2 ribu, mahasiswa Rp3 ribu dan dewasa Rp5 ribu. Biaya tiket akses penuh (Puncak) anak-anak /pelajar Rp4 ribu, mahasiswa Rp8 ribu dan dewasa Rp15 ribu. Untuk pelajar harus menunjukkan kartu pelajar.

  1. Kota Tua

kota-tuaDestinasi wisata terakhir yang bisa dicoba yaitu Kota Tua. Kawasan yang memiliki luas 1,3 kilometer persegi ini melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat yakni daerah Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka. Terdapat bangunan bersejarah yang bisa dinikmati yaitu Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri serta Cafe Batavia yang menawarkan menu asia dan barat.

Museum Fatahillah dan Museum Wayang mematok tarif masuk Rp2 ribu. Museum Wayang yang memiliki lima ribu koleksi wayang ini sering mengadakan pertunjukan wayang tiap hari minggu kedua, ketiga dan keempat dari jam 10.00- 14.00 WIB.

Museum Seni Rupa dan Keramik tarif masuk Rp5 ribu (dewasa), Rp2 ribu (anak-anak), Rp 3 ribu (mahasiswa) serta Rp2 ribu (pelajar). Sedangkan Museum Bank Indonesia memasang tarif Rp5 ribu per orang.

Untuk Museum Bank Mandiri, dewasa dikenai tarif Rp2.000 dan gratis untuk anak-anak, pelajar, mahasiswa serta nasabah Bank Mandiri. Jam operasional museum dibuka pada Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00 WIB. Museum ini mengelilingi sebuah taman yang menawarkan penyewaan sepeda onthel dengan biaya Rp15 ribu -Rp20 ribu per 30 menit.