Wow, Tikus Kangguru Irit Air

Tikus kangguru atau jerboa dapat bertahan hidup tanpa minum. Si mungil ini lebih tahan haus ketimbang unta.

Kendati habitat kedua hewan ini di gurun pasir tetapi memiliki daya tahan haus yang berbeda. Tikus kangguru (Dipodomys sp) atau jerboa dapat hidup tanpa minum dalam kondisi panas hingga satu tahun hanya dengan satu galon (9 kg) biji-bijian.

Mamalia mungil dengan kaki jenjang seperti kangguru ini dapat bertahan hidup hanya dengan memakan makanan tinggi karbohidrat (biji-bijian) untuk menghasilkan energi dan ‘metabolisme air’ tanpa minum sama sekali. Tubuh tikus ini dirancang sangat hemat air dengan meminimalkan pengeluaran air melalui keringat, napas, kemih dan kotoran. Pada bagian kantong pipi dalam tidak terdapat ludah alias kering dan berfungsi untuk mengangkut biji-bijian saja.

Tidak hanya itu, tikus kangguru memiliki ginjal khusus dengan microscopic tubules yang dapat mengekstrak air dari urin untuk digunakan tubuh kembali. Bahkan sistem pencernaannya mampu mengekstrak air separuh dari kotorannya. Alhasil tidak ada air yang terbuang percuma.

Sementara unta dapat bertahan hidup di padang pasir nan tandus dengan menyimpan cadangan air di punuknya. Si mamalia bertubuh bongsor ini lebih boros meneguk air. Hewan ini sanggup minum lebih dari sepertiga berat tubuhnya (hingga 130 liter) dan bertahan hidup tanpa makan dan minum selama delapan hari pada temperatur 50 derajat Celsius.