Yuk, Deteksi Kanker Payudara [netdoctor]

Yuk, Deteksi Kanker Payudara

PinkKorset.com, Jakarta – Kanker payudara merupakan pembunuh pertama di Indonesia. Kurangnya kesadaran masyarakat tentang kanker ini jadi penyebabnya.

Saat ini, metode paling efektif untuk melawan kanker payudara adalah mendeteksi keberadaanya sedini mungkin. Hal ini dapat diraih dengan melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri).

1. Berbaring dan letakkan tangan kanan dibelakang kepala. Beberapa ahli berpendapat bahwa SADARI yang dilakukan sambil berbaring lebih baik. Jaringan payudara akan menyebar secara merata pada dinding dapat, sehingga payudara berada dalam kondisi setipis mungkin. Kondisi ini akan membuat Anda lebih mudah menemukan bila terdapat benjolan pada jaringan payudara.

kanker-payudara,-sadari

2. Gunakan bantalan pada ketiga jari tengah tangan kiri Anda untuk merasakan adanya benjolan pada payudara kanan. Gunakan gerakan memutar (seukuran koin) untuk merasakan jaringan payudara.

3. Gunakan tekanan yang cukup untuk memeriksa keseluruhan jaringan payudara. Tekanan ringan untuk memeriksa jaringan yang terdekat dalam kulit. Tekanan sedang untuk jaringan yang lebih dalam. Sedangkan tekanan yang lebih tegas untuk memeriksa jaringan yang dekat dengan tulang dada atau iga.

4. Meraba payudara dengan melakukan pola gerakan naik turun mulai dari garis imajiner tepat dibawah ketiak dan terus bergerak menuju bagian tengah tulang dada. Pastikan Anda memeriksa seluruh area payudara ke arah bawah sampai tulangka (kerah).

5. Beberapa bukti menunjukan bahwa metode gerakan atas-bawah (kadang disebut dengan pola vertikal) adalah cara yang paling efektif untuk memeriksa seluruh bagian payudara, tanpa terkecuali.

kanker-payudara,-sadari1

Memeriksa payudara juga bisa dilakukan didepan cermin dengan kedua lengan berada disamping badan. Ada delapan gejala yang dapat dicermati dari segi bentuk, ukuran dan tampilan payudara.

Misalkan saja kulit payudara mengelupas, memerah, berubah seperti kulit jeruk, ada benjolan keluar tampak seperti lesung pipit dan puting keluarkan cairan.

Perempuan yang telah memasuki usia 20 tahun dianjurkan untuk melakukan SADARI dan waktu terbaik untuk melakukannya adalah sekitar seminggu setelah hari pertama menstruasi. Karena saat itu, payudara dalam kondisi tidak bengkak dan lembek.