Hati-hati Sakit Kepala Tidak Biasa [geek]

Hati-hati Sakit Kepala Tidak Biasa

PinkKorset.com – Sakit kepala tidak biasa dapat menjadi indikator penyakit serius dan mengancam nyawa Anda. 

Sakit kepala tidak seperti biasanya dapat terkait tumor otak, tetapi tidak selalu demikian. Ada beberapa tipe sakit kepala yang menandakan adanya suatu penyakit berat lain.

Sakit kepala parah yang muncul tiba-tiba seolah sambaran petir adalah salah satu tanda adanya masalah serius pada kepala. Profesor klinis University of California Mark Maroko, MD mengatakan, gejala ini kemungkinan tanda perdarahan dalam otak atau subarachnoid hemorrhage. Sakit kepala seperti ini sangat berbahaya. Anda perlu segera mendapatkan tindakan medis. Nyeri tajam ini tidak berkurang pada beberapa detik atau menit.

Anda mungkin pernah merasa migrain setelah mendengarkan musik dengan volume tinggi. Masalah ini dapat mengindikasikan Anda mengalami pembengkakan pembuluh darah arteri (aneurisma). Penonjolan pembuluh darah ini menekan organ sekitar dan berisiko tinggi perdarahan hebat akibat pecahnya pembuluh darah. Komplikasi aneurisma menyebabkan kematian mendadak.

Sakit kepala hebat disertai demam juga indikasi penyakit berbahaya. Misalnya saja infeksi otak (meningitis) maupun radang otak (encephalitis). Bahaya juga mengintai mata Anda ketika sakit kepala parah terasa di area atau sekitar mata. Hal ini dapat menandakan kerusakan mata akibat tekanan pada saraf optik atau glaukoma. Kondisi ini dapat menyebabkan kebutaan.

Bahkan kemungkinan buta juga terjadi ketika Anda mengalami radang pembuluh darah atau temporal arteritis. Penyakit ini dapat ditandai dengan gejala nyeri pada salah satu maupun kedua pelipis. Namun, umumnya masalah ini terjadi pada umur di atas 50 tahun.

Sakit kepala yang terjadi setelah mengonsumsi obat pengencer darah dapat menunjukkan perlambatan aliran darah di otak (subdural hematoma). Masalah ini dapat menyebabkan kehilangan nyawa Anda.

Anda juga patut waspada ketika mengalami sakit kepala bersama orang lain pada ruang dan waktu yang sama. Gejala sakit kepala ini menandakan keracunan CO2. Tanda ini semakin kuat bila sakit kepala berkurang ketika menghirup udara di ruang terbuka.