Sembelit, Jangan Lakukan Hal Ini [huffpost]

Sembelit, Jangan Lakukan Hal Ini

PinkKorset.com – Ketika Anda sulit buang air besar sebaiknya tidak melakukan hal-hal yang memperburuk kondisi ini.

Sembelit atau sulit buang air besar menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh. Artinya segudang penyakit siap menyerang Anda, termasuk kanker usus. Terlebih sistem pencernaan termasuk bagian vital tubuh.

Ketika Anda mengalami sembelit, segala kebiasaan makan, minum dan aktivitas lain perlu diperhatikan. Ada beberapa hal yang harus dihindari saat sembelit.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yakni menghindari konsumsi makanan olahan. Makanan olahan harus dijauhkan karena mengandung lemak tinggi dan fructans, karbohidrat yang meningkatkan masa simpan makanan.

Senyawa ini memberatkan kerja pencernaan karena tubuh tidak memiliki enzim untuk mencernanya. Sehingga perut menjadi kembung, sembelit maupun diare. Makanan ini banyak terkandung dalam roti, pasta dan kerupuk.

Minuman mengandung alkohol dan kafein juga perlu dihindari. Minuman beralkohol menghambat produksi hormon anti-diuretik yang meyebabkan Anda sering buang air kecil. kondisi menyebabkan tubuh dehidrasi dan memperburuk sembelit Anda. Efek yang sama terjadi pada kafein. Kafein dapat menyebabkan sembelit semakin parah atau diare pada sebagian orang.

Kerja usus semakin berat ketika mencerna susu dan produk turunannya seperti keju, es krim dan krim (dairy cream). Ketika sembelit, usus kekurangan enzim laktase untuk memecah gula susu (laktase). Sebagai alternatifnya, Anda dapat memilih produk rendah laktase.

Anda juga perlu menghindari asupan suplemen maupun obat yang memperparah sembelit, antara lain obat pereda nyeri, suplemen besi dan kalsium serta konsumsi obat pencahar jangka panjang.

Ketika sembelit, sebaiknya Anda tidak malas bergerak dan berolahraga. Gaya hidup kurang aktif (sedentary) justru menjadi salah satu pemicu sembelit karena gerakan dan aliran darah usus berkurang. Jenis olahraga ideal saat Anda sembelit antara lain berjalan kaki, berlari, bersepeda, berenang dan yoga.