5 Cara Alami Tingkatkan Sistem Imun [imunohelp]

5 Cara Alami Tingkatkan Sistem Imun

PinkKorset.com – Berbagai penyakit muncul dapat disebabkan daya tahan tubuh yang melemah. Anda perlu meningkatkannya secara natural.

Setiap hari daya tahan tubuh alias sistem imun bekerja melawan pemicu penyakit seperti virus, bakteri patogen dan parasit lain. Sistem imun yang melemah dapat memicu alergi, rentan infeksi dan masalah autoimun. Anda perlu meningkatkan kekebalan tubuh dengan beberapa langkah berikut.

1. Probiotik

Dua golongan bakteri probiotik, Lactobacillus dan Bifidobacterium membantu keseimbangan bakteri usus. Kesehatan usus yang terjaga meningkatkan sistem imun. Anda bisa mengonsumsi dua jenis bakteri ini melalui yogurt.

2. Vitamin

Mengonsumsi vitamin C dan K menjaga kekebalan tubuh Anda tetap prima. Kedua vitamin ini terkandung dalam jeruk, cabai, kiwi, pepaya, alpukat, plum, blueberry, brokoli, bayam dan kembang kol.

3. Kaldu tulang sapi

Tak hanya nikmat, mengonsumsi sup dengan kaldu tulang sapi memberikan asupan gelatin alami, kolagen dan asam amino. Komponen tersebut meningkatkan kesehatan usus dan sel-sel kekebalan tubuh.

4. Jamur

Bahan makanan ini mengandung beberapa zat antivirus dan antikanker paling kuat. Menyantap jamur dapat membantu meningkatkan sistem imun Anda. Beberapa jamur tersebut yakni shiitake, porcini, chanterelle, reishi, maitake dan jamur tiram.

5. Sinar matahari

Selain asupan penuh gizi Anda juga perlu pancaran sinar matahari. Sinar matahari membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh. kekurangan vitamin D dikaitkan dengan infeksi rekuren dan penyakit autoimun.