5 Kesalahan Diet Saat Bekerja [verywell]

5 Kesalahan Diet Saat Bekerja

PinkKorset.com – Usaha Anda menurunkan berat badan bisa saja sia-sia bila tidak mampu menghindari lima kesalahan saat bekerja di kantor.

Gagal menurunkan berat badan dapat terjadi ketika pola diet Anda rusak akibat berbagai kebiasaan di kantor. Asupan kalori dapat melonjak karena lima kesalahan ini.

1. Datang ke kantor lebih awal tanpa sarapan

Anda mungkin bangga tiba di kantor lebih pagi ketimbang rekan-rekan Anda. tetapi jangan sampai melupakan makan pagi. Melewatkan sarapan memicu Anda menyantap makanan lebih banyak ketika siang hari. Sebaiknya Anda tetap sarapan dengan kombinasi protein, karbohidrat kompleks dan lemak baik.

2. Suka menerima makanan dari teman

Kadang Anda tidak mampu menolak camilan yang ditawarkan teman. Misalnya saja makanan tinggi gula seperti cokelat dan permen. Jenis makanan tersebut menambah kalori harian Anda. Anda perlu menelaah, apakah Anda menerima tawaran ini karena lapar, hanya interaksi sosial atau kebiasaan. Bila hanya untuk sekadar bergaul, sebaiknya pergi ke ruang istirahat sambil mengopi dan mengobrol singkat.

3. Makan siang di meja kerja

Anda boleh saja sibuk tetapi tidak menyantap makan siang di meja kerja. Pasalnya, kebiasaan ini berpotensi tinggi meningkatkan jumlah asupan kalori. ketika makan sambil menatap layar komputer Anda tidak memperkirakan berapa banyak makanan yang disantap. Bila Anda tidak bisa meninggalkan meja kerja, sebaiknya segera atur porsi makan siang, setengah untuk segera dimakan dan sisanya disantap untuk camilan sore.

4. Larut dalam stres

Stres dalam bekerja memang tidak dapat dihindari. Namun, bukan berarti Anda larut dalam kondisi ini. Ketika Anda stres cenderung banyak mengonsumsi makanan mengandung gula atau karbohidrat karena merasa lebih nyaman. Kebiasaan ini imbas dari respon tubuh memproduksi hormon bahagia untuk mengimbangi  produksi hormon kortisol akibat stres.

5. Tidak membawa camilan dari rumah

Anda dapat mengendalikan jenis dan jumlah camilan ketika Anda membawa makanan tersebut dari rumah. Namun, bila Anda tidak membawanya cenderung membeli makanan ringan tanpa kendali. Camilan memang dibutuhkan ketika perut keroncongan. Tetapi bila Anda terlanju membeli makanan ini di kantor sebaiknya bagikan kepada teman-teman Anda agar tidak menyantap berlebihan.