6 Kesalahan Saat Keramas [vanityfair]

6 Kesalahan Saat Keramas

PinkKorset.com – Ada enam hal keliru ketika keramas yang menyebabkan rambut dan kulit kepala Anda bermasalah.

Masalah rambut dan kulit kepala seperti kusam, lepek dan ketombe tidak hanya disebabkan cuaca. Ternyata cara keramas yang salah bisa memicu beragam masalah rambut tersebut.

Kurang membasahi rambut

Hal keliru yang cukup sering dilakukan adalah kurang membasahi rambut. Anda sebaiknya mengguyur rambut hingga benar-benar basah selama 3-4 menit dan tanpa memerasnya. Cara ini untuk memastikan bahan aktif pada sampo bekerja maksimal.

Sampo tinggi detergen

Hindari penggunaan sampo mengandung sodium laureth sulfate dalam jumlah tinggi. Senyawa ini adalah detergen dan surfaktan yang memberikan efek busa. Terlalu banyak paparan sodium laureth sulfate pada rambut mengakibatkan rambut kering karena kehilangan kelembaban alaminya.

Menggosok rambut

Anda tidak perlu menggosok rambut ketika menyampo. Tindakan ini justru merusak helai rambut. Sebaiknya Anda memijat kulit kepala dengan ujung-ujung jari (bukan kuku) agar bahan aktif sampo terserap.

Menyampo berulang kali

Tidak perlu menyampo berkali-kali. Anda melakukannya karena anggapan tanpa busa berlimpah berarti kurang bersih. Padahal anggapan ini hanya mitos.

Kurang membilas

Tidak cukup membilas rambut menyebabkan sisa sampo mengering. Anda mungkin menganggap sisa sampo tersebut ketombe.

Keliru merawat rambut

Rajin memberikan kondisioner usai menyampo tidak ada salahnya. Tetapi kondisioner hanya diaplikasikan pada batang rambut dan bukan kulit kepala. Selain itu, ratakan kondisioner dengan jari dan bukan sisir. Terakhir bilas rambut dengan air dingin.