7 Bahan Makanan Terawet [google]

7 Bahan Makanan Terawet

PinkKorset.com – Beberapa bahan makanan alami ini bebas dikonsumsi kapan saja karena tidak terikat masa kadaluarsa.

Kendati bahan makanan alami ini tidak menggunakan bahan pengawet tetapi dapat bertahan lama dan bahkan tetap aman dikonsumsi. Berikut ini tujuh bahan makanan alami yang tidak pernah rusak.

1. Madu

Madu alami termasuk bahan makanan yang dapat disimpan tanpa batas waktu. Kendati terjadi perubahan warna dan menjadi kristal tetapi tetap aman dikonsumsi.

2. Cuka putih

Anda tak perlu khawatir sia-sia membeli cuka dalam ukuran botol besar. Cairan bercitarasa asam yang mengandung 5%-20% asam asetat ini bisa digunakan kapan pun. Asalkan cuka tidak terkontaminasi dengan disimpan dalam wadah tertutup.

3. Ekstrak vanila murni

Vanila murni yang diekstrak menggunakan alkohol memang lebih mahal ketimbang vanila imitasi. Tetapi ekstrak vanila murni memiliki daya simpan lama tanpa batas kadaluarsa.

4. Minuman tinggi alkohol

Minuman mengandung alkohol yang tinggi dapat disimpan lama hingga diturunkan lintas generasi. Asalkan minuman ini disimpan dalam tempat gelap dan sejuk. Minuman alkohol ini dapat diminum meskipun aromanya semakin berkurang.

5. Gula pasir

Gula tidak pernah rusak karena sifatnya sebagai pengawet alami. Untuk menjaga kualitas gula Anda perlu menyimpannya dalam wadah kedap udara.

6. Garam

Seperti gula, garam juga tidak pernah rusak karena bersifat pengawet alami. Anda cukup menyimpan dalam wadah kedap udara.

7. Tepung pati jagung

Tepung putih yang berasal dari pati jagung ini dikenal dengan nama dagang Maizena. Tepung pati jagung dapat digunakan selamanya, syaratnya harus disimpan dalam wadah tertutup rapat di ruangan yang sejuk.