Alasan Kucing Doyan Tidur

Kucing terkesan malas karena gemar tidur. Hewan ini tidur rata-rata 15 jam hingga 20 jam per hari. Mengapa kucing suka tidur?

Kucing banyak menghabiskan waktu untuk tidur karena alasan menyimpan energi. Mamalia ini tergolong hewan pemangsa yang aktif pada malam hari. Tidak mengherankan bila hewan penuh bulu ini lebih suka tidur, khususnya pada waktu matahari terbit hingga terbenam. Pola ini juga terjadi pada ‘saudaranya’ yakni singa.

Ketika tidur kucing juga memiliki fase tidur ringan hingga lelap. Tidur biasa terjadi pada 15 menit pertama dan memposisikan tubuh pada kondisi siaga agar saat terbangun siap beraksi. Mereka tidur lelap hanya lima menit dan berlanjut hingga terbangun. Anak kucing (6 bulan-1 tahun) dan kucing tua (di atas 11 tahun) lebih banyak tidur ketimbang kucing dewasa. Pada ruang yang nyaman dan kondisi hujan kucing lebih banyak memejamkan mata.

Kendati kucing telah dijinakkan (rumahan) tetapi tetap memiliki naluri pemangsa. Mereka menguntit, berlari, menerkam mangsa dan bahkan kerap merayap di balik bayang-bayang tanpa peringatan serta bisikan.