Begini Cara Bedakan Berlian Natural dan Sintetis [bridaltrendasia]

Begini Cara Bedakan Berlian Natural dan Sintetis

PinkKorset.com – Tidak mudah membedakan berlian alami dan buatan manusia. Ada beberapa tahap yang perlu Anda ketahui.

Diamond Expert PT Central Mega Kencana Devi Chayadi, GG, AJP menjelaskan, berlian sintetis tampak seperti berlian asli tetapi tidak memiliki kekuatan berlian natural. Berlian natural dibentuk alami di kedalaman 140-190 km pada suhu 800-1.300 derajat Celcius selama miliaran tahun hingga hampir mengandung kristal karbon murni. Sehingga berlian natural tahan gores dan asam.

“Perbedaan kualitasnya 50%. Berdasarkan penampakan hampir tidak bisa dibedakan antara berlian natural dan sintetis,” ucapnya saat Media Workshop-Diamond Talk PT Central Mega Kencana di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Namun, Devi menyarankan calon pembeli berlian harus mengetahui pengetahuan kualitas berlian natural, Diamond 4C yakni Cut, Color, Clarity dan Carat.

Begini Cara Bedakan Berlian Natural dan Sintetis

Cut

Cut atau asahan menentukan bentuk dan kualitas kilau berlian. Proses ini juga  menentukan harga jual berlian natural. Umumnya berlian berbentuk bundar, ada pula bentuk hati, oval, persegi dan pir. Bentuk berlian perlu memerhatikan proporsi, kilap dan simetris. Sementara kilau berlian berkualitas harus memenuhi syarat brightness, fire dan scintilation.

Color

Semakin jernih dan sedikit warna yang terlihat maka semakin tinggi kualitas berlian. Berlian dianggap sempurna bila tidak memiliki rona warna, bersih dan murni seperti tetes air. Standar warna berlian dinilai dengan skala D hingga Z. Selain bening, berlian natural juga memiliki warna lain seperti kuning, pink, biru, hijau dan paling langka yakni merah.

Clarity

Semakin bersih berlian tanpa noda semakin tinggi nilainya walaupun tidak ada berlian yang sempurna. Ada enam kategori penilaian kejernihan berlian, antara lain Flawless (FL), Internally Flawless (IF), Very Very Slightly Included (VVS1 dan VVS2), Very Slightly Included (VS1 dan VS2) dan Included (I1, I2 dan I3). Umumnya berlian natural memiliki noda yang dianggap sebagai ‘tanda lahir’.

“Tanda ini berbeda-beda tiap berlian dan bukan cacat,” ucap Gemologist lulusan Gemological Institute of America ini.

Carat

Berbeda dengan satuan karat emas yang merujuk pada tingkat kemurnian. Carat pada berlian justru menunjukkan satuan berat. Satu carat berlian setara 200 miligram. Berlian lebih besar lebih diminati tetapi sulit ditemukan.

Begini Cara Bedakan Berlian Natural dan Sintetis

Setelah mengetahui Diamond 4C, Anda juga perlu seleksi super ketat sebelum membeli berlian natural.

“Sebenarnya tidak ada salahnya beredar berlian sintetis. Menjadi masalah ketika penjual mengatakan berlian natural tetapi sintetis,” sambungnya.

Anda perlu cek harga pasar dan tidak tergiur harga miring. Pasalnya berlian natural tergolong produk alam yang terbatas sehingga harganya terus merangkak naik. Kemudian pastikan berlian dilengkapi sertifikat internasional, salah satunya yang dikeluarkan Gemological Institute of America. Sertifikat tersebut bersifat independen dan lebih diakui ketimbang sertifikat yang dikeluarkan toko.

Kendati semua syarat tersebut sudah dilakukan, Anda tetap perlu cek kondisi fisik berlian sesuai keterangan sertifikat bentuk, warna dan kejernihan.

“Ini penting sekalipun Anda kenal dengan penjualnya,” ujarnya.

Langkah tersebut untuk menghindari berlian cacat karena tidak sesuai keterangan di sertifikat. Hal ini mungkin saja terjadi karena berlian ditukar atau terjatuh karena berpindah tangan terus menerus.

“Cari toko yang bagus dan kenali penjualnya,” pungkasnya.