Cara Atasi Insomnia pada Bumil [afamily]

Cara Atasi Insomnia pada Bumil

PinkKorset.com – Seringkali ketika Anda hamil mengalami kesulitan tidur (insomnia) yang dipicu banyak faktor. Cara ini dapat membantu Anda cepat terlelap.

Ibu hamil alias bumi kerap insomnia yang disebabkan beberapa hal. Misalnya saja merasa tidak nyaman karena harus bolak balik kamar mandi secara terus menerus, kram kaki, merasa cemas atau terlalu senang menanti kelahiran bayi.

Dengan banyaknya perubahan fisik dan emosional yang terjadi tidak mengherankan bila 8 dari 10 perempuan mengalami insomnia dan masalah tidur lainnya selama kehamilan.

Mandi air hangat

Untuk meredakan gangguan tidur ini, Anda bisa memulai ritual yang menenangkan. Misalnya mandi air hangat sebelum tidur, lalu mintalah secangkir teh chamomile. Mintalah pasangan untuk memijat kaki atau aktivitas lain yang membuat Anda rileks.

Peregangan dan yoga

Anda bisa melakukan rutinitas peregangan dengan gerakan sederhana, seperti menggerakkan leher, bahu, betis, paha belakang, punggung dan pinggang. Lakukan peregangan otot saat siang hari dan sebelum tidur agar mudah lelap. Tetapi Anda perlu melakukan tanpa berkeringat dan tidak terlalu dekat waktu tidur. Sementara gerakan yoga dapat mengikuti klub yoga prenatal.

Buat kamar menjadi nyaman

Sesuaikan suhu dan cahaya ruangan. Suhu idel untuk tidur yakni 20-25 derajat Celcius. Gunakan tirai jendela yang berat untuk menghalau cahaya dan suara bising dari luar. Kamar dengan kondisi gelap dapat membantu tidur lebih cepat.

Baca buku dan dengarkan musik

Bila Anda tidak ingin tidur 20-30 menit sebaiknya pindah ke ruangan lain. Anda bisa membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan hingga mengantuk.

Jika cara tersebut kurang membantu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan maupun terapi lain.