Diet Butuh Makanan Berkalori Tinggi? [livescience]

Diet Butuh Makanan Berkalori Tinggi?

PinkKorset.com – Ya. Kendati Anda sedang melakukan diet menurunkan berat badan, beberapa makanan tinggi kalori justru perlu dikonsumsi.

Anda tentu merasa bersalah menyantap makanan berkalori tinggi saat berupaya menurunkan berat badan atau diet. Namun, Anda tidak perlu khawatir mengonsumsi lima bahan makanan berkalori jumbo ini. Makanan tersebut justru membantu meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

Avokad

Sepertiga daging buah avokad memiliki 80 kalori dan mengandung hampir 20 vitamin, mineral serta serat. Buah ini juga mengandung potasium untuk mencegah perut kembung dan kaya lemak tak jenuh tunggal. Ditambah dengan serat, mengonsumsi avokad membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Kuning telur

Menyisihkan kuning telur tidak membantu menurunakn berat badan dalam jangka waktu lama. Kuning telur banyak mengandung vitamin A, vitamin B, kolin dan K2 yang mendukung fungsi metabolisme dan kesehatan tiroid. Kedua manfaat tersebut justru berperan penting menurunkan berat badan.

Susu penuh lemak

Sebuah penelitian menunjukkan, populasi yang mengonsumsi susu tinggi lemak memiliki tingkat obesitas rendah ketimbang mereka yang minum susu rendah lemak. banyak faktor yang memengaruhi kondisi ini. Misalnya lemak susu mengandung asam linoleat terkonjugasi yang diperkirakan menurunkan lemak.

Selain itu, lemak dari olahan susu, greek yogurt penuh lemak dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Anda bisa minum susu penuh lemak (full cream) tetapi tanpa gula.

Kacang-kacangan

Menurunkan berat badan dengan mengemil segenggam kacang-kacangan menjadi pilihan baik. Kacang-kacangan mengandung protein, lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda dan serat yang memberikan efek kenyang lebih lama.

Tetapi Anda perlu mengonsumsinya dalam jumlah tepat dan diolah tanpa menambahkan minyak dan garam. Misalnya 23 butir almond panggang atau 49 butir pistachio mengndung 160 kalori.

Minyak zaitun

Minyak zaitun tidak pernah absen dalam diet mediterania. Bahan makanan ini mengandung banyak asam lemak tak jenuh ganda dilengkapi omega-3 dan omega-6. Komponen nutrisi tersebut meredakan peradangan sehingga menurunkan risiko penambahan berat badan. Satu sendok makan minyak zaitun memiliki 120 kalori dan paling baik digunakan sebagai salad dressing mapun dipadukan dengan hummus.

Tak perlu khawatir mengonsumsi lima makanan berlemak tinggi tersebut. Tetapi Anda perlu mengatur jumlah asupannya. Segala sesuatu yang ebrlebihan tentu dampaknya tidak baik. Begitu pula dalam hal asupan makan pada diet Anda.