Efek Buruk Malnutrisi Anak [google]

Efek Buruk Malnutrisi Anak

PinkKorset.com, Jakarta – Kondisi gizi buruk pada anak berdampak serius pada pertumbuhan dan perkembangannya di masa mendatang.

Malnutrisi bukan hanya kekurangan gizi tetapi juga status obesitas. Malnutrisi terjadi ketika keseimbangan nutrisi tidak tercapai. Kondisi ini meyebabkan pertumbuhan anak kurang optimal.

Bila kondisi gizi buruk diabaikan sejak kecil maka dewasa mudah sakit. Malnutrisi menyebabkan gizi buruk (marasmus), busung lapar (kwashiorkor), kekerdilan (stunting) hingga masalah penyakit tidak menular serta komplikasinya.

Ahli gizi Jansen Ongko, MSc, RD menjelakan, unsur gizi makro meliputi zat tenaga (karbohidrat) dan zat pembangun (protein). Namun, semua zat gizi ini membutuhkan alat transportasi yakni sel darah merah. Bila salah satu zat gizi mikro seperti zat besi rendah dapat menimbulkan anemia yang menyebabkan malnutrisi.

“Kondisi inilah yang menimbulkan stunting akibat distribusi nutrisi ke seluruh tubuh tidak optimal,” ucapnya saat peluncuran Minute Maid Nutriforce di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Malnutrisi dapat ditandai dengan anak yang malas aktivitas fisik. Kondisi ini bisa saja dampak anemia, sambung Jansen, meliputi penurunan sistem kekebalan tubuh, gangguan pertumbuhan organ, gangguan perilaku, gangguan impuls saraf, penurunan konsentrasi dan daya ingat rendah.

Mencegah anemia dilakukan dengan memperbaiki kebiasaan hidup termasuk pola makan dan variasinya serta olahraga. Pola makan gizi seimbang bisa ditandai dengan menu makanan yang beragam. Sementara olahraga merangsang tubuh meningkatkan penyerapan zat gizi.

“Jadi anak kurus bukan berarti tidak perlu olahraga, justru mereka memerlukannya,” sambungnya.

Zat gizi yang sangat diperlukan anak anemia yakni vitamin B kompleks, C, asam folat dan zat besi. Asupan nutrisi tersebut dapat diperoleh dari makanan, susu, maupun minuman dengan tambahan gizi (fortifikasi).Efek Buruk Malnutrisi Anak

Marketing Manager Minute Maid Andrew Soendjojo menuturkan, fokus, aktivitas dan ketahan adalah pilar Minute Maid Nutriforce. Kandungan vitamin C dan E adalah jenis antioksidan untuk melindungi jaringan tubuh, vitamin B1, B3 dan B12 membantu pembentukan energi dan zat besi merupakan komponen hemoglobin sel darah merah, pembawa oksigen ke seluruh tubuh.

“Minute Maid Nutriforce merupakan inovasi terbaru Minute Maid yang mengandung 11 kebaikan gizi bermanfaat membantu memenuhi sepertiga kebutuhan vitamin B12, C, E dan zink harian anak,” ujarnya.

Ia berharap, minuman fortifikasi ini menjadi pilihan orangtua untuk memberikan asupan minuman sarat vitamin dan mineral kepada anak-anak. Minute Maid Nutriforce dikemas dalam kemasan ukuran 180 ml dengan pilihan rasa jeruk dan mangga.