Misteri Kedatangan Alien di Bumi

PinkKorset.com – Banyak film mengangkat kedatangan alien di Bumi bertujuan untuk memusnahkan kehidupan. Di Arrival, para makhluk asing ini memiliki tujuan berbeda.

Film dibuka dengan apa yang tampak seperti adegan kilas balik ketika Dr. Louise Banks (Amy Adams) bersama putrinya, Hannah. Si gadis kecil itu meninggal di usia muda karena mengidap kanker.

Kembali ke masa kini, Louise yang ahli bahasa di sebuah kampus menyaksikan berita televisi mengenai kedatangan 12 pesawat alien di beberapa kota besar. Ia didatangi Kolonel Weber (Forest Whitaker) yang meminta bantuan Louise untuk berkomunikasi dengan alien. Ahli teori fisika Ian Donnelly (Jeremy Renner) akan menjadi rekan satu tim Louise.

Mereka menuju Montana, tempat pesawat alien mendarat di Amerika Serikat. Dua alien bertentakel tujuh yang kemudian disebut heptapods menjemput mereka. Ian menyebut mereka Abbott dan Costello, duo komedian dalam sebuah serial kocak di era klasik Amerika. Alien tersebut berkomunikasi lewat rangkaian simbol lingkaran.

Apa yang mereka inginkan, perdamaian atau peringatan bahwa akan ada serangan alien? Bagaimana dunia menanggapinya dan apakah umat manusia terancam? Apa yang berhasil diungkap Louise dan apa kaitannya dengan ‘kilas balik’ yang ia dapatkan saat berusaha berkomunkasi dengan para heptapods?

Drama fiksi sains ini diangkat dari cerita Ted Chiang yang bertajuk ‘Story of Your Life’. Plot-nya tidak bisa dibilang ringan dan sukses membuat penonton terpaku di kursinya karena misteri kehadiran alien tak mudah ditebak. Penggarapan plot amat rapi dan konsisten, menjadikannya film fiksi sains terbaik sejak Interstellar (2014).

Akting Amy Adams memang tak pernah mengecewakan, film yang ia bintangi sebagian besar memiliki kualitas papan atas. Aktris yang satu ini adalah langganan nomine penghargaan bergengsi. Banyak yang memprediksikan ia akan diganjar Piala Oscar lewat Arrival ini. Tak heran, respon penonton sangat bagus dan membuat film ini sukses di box office.

Arrival

Sutradara: Denis Villeneuve

Produser: Shawn Levy, Dan Levine, Aaron Ryder, David Linde

Skenario: Eric Heisserer berdasarkan ‘Story of Your Life’ oleh Ted Chiang

Pemeran: Amy Adams, Jeremy Renner, Forest Whitaker, Michael Stuhlbarg, Tzi Ma

Produksi: Lava Bear Films, 21 Laps Entertainment, FilmNation Entertainment

Distribusi: Paramount Pictures