Menguak Gangster Era 1920-an

PinkKorset.com – Era gangster di Amerika Serikat selalu memiliki kisah yang menarik. Film Live By Night kembali mengangkatnya secara kompleks.

Boston 1926, era ketika Amerika masih dikuasai gangster. Pertumpahan darah akibat perebutan wilayah terjadi hampir setiap hari. Minuman keras menjadi komoditi panas, saat itu. Joe Coughlin (Ben Affleck) adalah anak Kapten Thomas Coughlin (Brendan Gleeson) dari Kepolisian Boston. Ia pencuri amatiran yang ingin tobat, tapi selalu kembali ke jalan yang salah.

Tak disangka, kekasih Joe, Emma Gould (Sienna Miller) adalah simpanan bos geng Irlandia, Albert White. Joe bertemua Maso Pescatore, bos geng Italia yang musuh bebuyutan Albert. Pescatore ingin Joe membunuh Albert, menggunakan nyawa Emma sebagai taruhannya. Joe dan partnernya, Dion Bartolo (Chris Messina) merampok bank.

Saat dikejar polisi, keduanya tak sengaja membunuh polisi. Kepala Polisi Calvin Bondurant (Clark Gregg) ingin memenjarakan Joe seumur hidup. Namun Thomas menyuap Calvin sehingga putranya hanya dipenjara tiga tahun saja. Dua pekan sebelum bebas, Thomas meninggal dunia. Akibatnya, Joe pun kembali ke tangan Pescatore.

Bagaimana rumitnya hidup Joe diantara kungkungan geng dan mafia yang mengelilinginya? Film yang disutradarai Ben Affleck ini rumit, konflik sudah hadir di awal film. Meski penggarapannya cukup rapi, terasa melelahkan untuk menyaksikannya jika Anda ingin sekadar mencari hiburan. Ini karena terlalu banyak subyek yang dikupas.

Namun begitu, film ini jadi menarik karena sulit menebak arahnya ke mana. Patut diacungi jempol adalah upaya Affleck menampilkan suasana era 1920-an yang nyata sebagaimana adanya. Penggambaran Boston yang merupakan kota kelahiran sang sutradara, terasa natural. Sejumlah aktor papan atas juga menjadi sebuah kekuatan.

Ini adalah kedua kalinya Ben Affleck menyutradarai film dari novel Dennis Lehane setelah Gone Baby Gone (2007). Aktor yang memerankan Bruce Wayne si Batman ini, selain sutradara berbakat, juga sudah membuktikan kemampuannya menulis skenario. Setelah sempat terjebak di film-film kelas B, Ben Affleck kini tampaknya sudah jago memilih peran berbobot.

Live By Night

Sutradara & Skenario: Ben Affleck, berdasarkan novel ‘Live By Night’ oleh Dennis Lehane

Produser: Leonardo DiCaprio, Jennifer Davisson, Ben Affleck, Jennifer Todd

Pemeran: Ben Affleck, Elle Fanning, Brendan Gleeson, Chris Messina, Sienna Miller, Zoe Saldana, Chris Cooper

Produksi: Appian Way Productions, Pearl Street Films

Distribusi: Warner Bros. Pictures