Gerakan Ini Lancarkan Peredaran Darah [fitline]

Gerakan Ini Lancarkan Peredaran Darah

PinkKorset.com – Beberapa gerakan sederhana ini mampu menjaga kesehatan pembuluh darah Anda. Berbagai Risiko penyakit kardiovaskuler pun dapat diminimalkan.

Pembuluh darah seperti rangkaian pipa kecil nan rumit yang mengalirkan darah dan menghubungkan satu bagian dengan bagian lain di dalam tubuh. Penyumbatan pembuluh darah berdampak buruk terhadap organ atau bagian yang mengalaminya, termasuk jantung sebagai pompa darah. Masalah ini menimbulkan berbagai penyakit seperti stroke, penyakit jantung dan gagal ginjal.

Risiko ini dapat Anda hindari dengan melakukan gaya hidup sehat. Misalnya saja berolahraga yang meningkatkan kerja sistem pembuluh darah.

Push up

Gerakan ini merupakan latihan kardio dan kekuatan otot yang meningkatkan denyut jantung tetapi juga menguatkan otot lengan, bahu, dada otot inti (core muscle). Anda bisa melakukan latihan ini sebanyak tiga set (masing-masing 10-15 pengulangan atau repetisi). Bila Anda tidak mampu dengan jari kaki sebaiknya tidak berlutut. Namun, letakkan tangan di kursi atau bagian lain, sehingga gerakan ini masih memengaruhi otot inti.

Ankle pump

Latihan ini menggerakan otot betis yang berdekatan atau memengaruhi pembuluh darah dan arteri. Ankle pump membantu melancarkan aliran darah dan getah bening pada pembuluh darah serta arteri di tungkai bawah. Bagian ini rentan pembekuan darah dan pembengkakan kaki. Anda bisa melakukannya dengan berbaring dan menarik dan mengendurkan pergelangan kaki sambil menahan satu detik. Ulangi gerakan sebanyak 3 set (masing-masing 20 repetisi).

Diaphragmatic Breathing

Kendati terlihat sederhana, latihan ini dapat merangsang struktur limfatik meningkatkan pergerakan nutrisi dan ampas pada jaringan tubuh dan aliran darah. Anda dapat melakukan pernapasan diafragma (diaphragmatic breathing) dengan berbaring sambil meletakkan satu tangan di perut dan lainnya di dada. Usahakan ketika Anda menarik napas bisa menggerakan tangan di perut ke atas tanpa memengaruhi tangan di dada. Bernapaslah seperti ini selama lima menit.