Siapa Olaudah Equiano Dalam Google Doodle? [google]

Siapa Olaudah Equiano Dalam Google Doodle?

PinkKorset.com – Tahukah Anda siapa Olaudah Equiano dalam Google Doodle hari ini?

Olaudah Equiano digambarkan sebagai laki-laki berkulit hitam sedang menulis dengan latar belakang gambar kapal laut, tambang dan rantai.

Khusus hari ini, Google Doodle menampilkan gambar sosok Olaudah Equiano untuk merayakan ulang tahunnya ke-272. Olaudah Equiano yang dikenal dengan julukan Gustavus Vassa ini adalah aktivis yang melawan perbudakan di Britania Raya pada tahun 1700-an.

Laki-laki berdarah Afrika ini seorang budak yang dibebaskan pada 1766. Sejak kala itu, ia aktif menolak perbudakan melalui tulisan. Equiano menerbitkan buku otobiografi dirinya yang penuh dengan kisah perbudakan pada 1789. Buku ini menjadi best seller di Rusia, Jerman, Belanda dan Amerika Serikat pada 1792. Buku ini juga melatarbelakangi pengesahan Undang-undang Perbudakan pada 1807. Sehingga praktik perbudakan di Britania Raya sirna.

Equiano lahir di wilayah kekuasaan Kerajaan Benin di Distrik Eboe, Essake (Nigeria) pada 16 Oktober 1745. Selama hidupnya ia juga berdagang dan melaut ke berbagai wilayah seperti Karibia, Arktik, Amerika Selatan, Amerika Tengah hingga Britania Raya.  Kemudian ia menetap di London dan menikah dengan perempuan Inggris, Susannah Cullen.  Equiano dikaruniai dua anak dan meninggal pada 31 Maret 1797 di London.