Google Kucurkan Hibah Pendidikan Jutaan Dolar [techstory]

Google Kucurkan Hibah Pendidikan Jutaan Dolar

PinkKorset.com, Jakarta – Melalui Google.org dana hibah jutaan dolar diberikan untuk tiga organisasi pendidikan non-profit di Indonesia.

Inisiatif filantropi Google, Google.org memberikan dana hibah pendidikan US$2,5 juta kepada empat organisasi pendidikan nirlaba, Inibudi, Room to Read dan Taman Bacaan Pelangi.

Dana tersebut digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca 200 ribu anak usia sekolah di seluruh Indonesia melalui platform digital. Langkah ini untuk mempermudah akses ke cerita anak dalam bahasa Indonesia.

Head of Public Policy Google Indonesia Shinto Nugroho menuturkan, bantuan ini adalah bagian komitmen menyeluruh Google.org untuk mendukung organisasi-organisasi yang menggunakan teknologi dan inovasi dalam membantu lebih banyak anak mendapatkan pendidikan.

“Melalui hibah ini, kami ingin menciptakan platform berskala besar untuk menghadirkan konten pengajaran digital bagi para guru di Indonesia,” katanya saat Pengumuman Hibah Google.org di Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Menurutnya kemampuan membaca yang baik sangat penting bagi masa depan di negara mana pun. Terlebih saat ini diperkirakan setiap 100 siswa sekolah di Indonesia hanya 25 yang memenuhi standar minimum internasional dalam kemampuan membaca dan berhitung.

“Semakin banyak cerita anak yang tersedia dalam bahasa Indonesia diharapkan anak-anak lebih berminat membaca,” tuturnya.

Google.org didirikan sejak 2005 untuk mendukung organisasi nirlaba mengembangkan solusi proses belajar-mengajar berdasarkan teknologi yang ditujukan untuk mengatasi tantangan pendidikan di negara-negara berkembang. Pada Maret 2017 silam, Google.org berkomitmen menyumbang US$50 juta.